Lihat ke Halaman Asli

Kepemimpinan Sangat Penting bagi Keberlangsungan Perusahaan

Diperbarui: 7 Agustus 2023   18:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Kepemimpinan merupakan hal yang perlu diperhatikan baik dari kalangan perusahaan maupun dari kalangan sebuah organisasi. Pada akhirnya perusahaan yang baik memerlukan pemimpin yang dapat dipercaya serta mampu mempertimbangkan segala sesuatu masalah dengan baik bagi keberlangsungan dari sebuah perusahaan maupun bagi organisasi yang ada. Kepemimpinan merupakan poin penting bagi organisasi demi menjaga kestabilan dari suatu perusahan yang ada serta sebuah organisassi. 

Dalam hal mengelola sebuah perusahaan maupun organisasi, tanpa kita sadari bahwa peran pemimpin merupakan sebuah pion yang dapat memperlancar jalannya sebuah organisasi tersebut. Kepemimpinan yang baik mampu mengatur jalannya pola pikir sosialisasi maupun interaksi diantara karyawan. Kepemimpinan juga merupakan sebuah tindakan dalam mengoranisasi dalam sektor berkelanjutan serta keahlian dalam mengahapi dampak dari perubahan berkelanjutan dalam manajemen. 

Kepemimpinan yang strategis dapat menunjukkan jalan dalam penentuaan arah perusahan dengan mengembangkan, komunikasi visi dan motivasi, inspirasi kepada setiap anggota, serta dapat mengarahkan visi tersebut yang telah ditentukan. Terdapat 3 (tiga) hal dalam kepemimpinan yakni diantaranya:

Kepemimpinan Organisasi

Kepemimpinan ini memiliki 2 (dua) bidang yakni mengarahkan organisasi dalam mengahadapi perubahan yang ada secara berklanjutan, serta dalam hal ini perlu CEO yang baik dalam menerima perubahan dan memiliki tujuan yang jelas dan dapat membangun baik dari budaya yang ada agar dapat memberikan peluang yang baik dalam menghadapi suatu perubahan. Yang kedua yakni menyediakan keahlian dalam manajemen serta dapat menunjukkan identifikasi organisasi yang baik agar mampu dalam menghadapi dampak dari perubahan yang terjadi dan mampu dalam menunjukkan kepemimpinan dari operasioanl serta visi yang belum ada sebelumnya.

Kepemimpinan Startegi Menerima Perubahan

Perubahan merukapakan hal maupun bagian dalam masalah yang dihadapi pemimpin maupun manajer dalam waktu ke waktu, yang dimana hal ini merupakan tantangan yang harus dihadapi bagi seorang pemimpin dalam mendorong komitmen dalam individu maupun kelompok serta pemangku dari organisasi tersebut. Untuk organisasi yang melaksanakan strategi diharapkan mnampun dalam memposisikan organisasi agar tetap sukses pada tahun yang akan datang. Serta terdapat kegiatan yang dapat mendorong komitmen dari pemimpin yankni dapat menjelaskan tujuan strategi, membangun suatu organisasi, membentuk budaya organisasi, serta merekrut dan megembangkan kepemimpinan operasional yang berbakat.

Kepemimpinan yang Efektif

Kepemimpinan yang efektif mamapu memahami permasalahan dalam kebutuhan pekerja atau karyawan dalam menanggulangi masalah yang ada dan mampu menjawab kebutuhan organisasi dan karyawan maupun pemilik usaha. Kepemimpinan mengaharapkan kesejahteraan dalam aspek kepentingan setiap kelompok dalam aspek pendekatan yang sesuai dengan nilai maupun budaya yang ada. Dalam kepemimpinan perlu memiliki hal yang dapat menargetkan karyawan dapat percaya terhadap kita, dan hal ini bisa terjadi melalui kepemimpinan, wirausaha, manajer, administrator, pengawas, straf, dan juga teknisi. Kepemimpinan yang efektif dapat mempengaruhi orang lain agar percaya pada kita dan mau mengikuti serta melaksanakan apa yang diputuskan dalam rangka mencapai tujuan dari sebuah organisasi. Kepemimpinan juga ditekankan mampu mengambil keputusan dan juga dapat mengarahkan dalam pelaksanaan di lapangan, kepemimpinana yang efektif merupakan kemampuan yang memungkinkan orang lain berkarya, karena keberhasilan merupakan sebuah usaha baik dari pemimpin maupun yang dipimpin. 

Referensi:

Dr. Balthasar Watunglawar, S. (2022). MANAJEMEN STRATEGIK Formulasi, Implementasi dan Evaluasi. DI. Yogyakarta : Griya Pustaka Utama.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline