Lihat ke Halaman Asli

Peran AI dalam Mendorong Telekomunikasi

Diperbarui: 20 September 2022   21:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mencatat banyak platform bisnis yang disurvei mengindikasikan penggunaan kecerdasan buatan (AI) yang tinggi untuk berbisnis di Indonesia. Teknologi ini banyak digunakan baik untuk melakukan intelijen pasar dan untuk meningkatkan pengalaman pengguna, serta dalam upaya pengembangan bisnis.
Telkomsel siap membantu meningkatkan daya saing industri dan menciptakan ekosistem Industri 4.0 Tanah Air dengan terus memberikan solusi dan layanan digital untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan, mendorong kemampuan industri untuk mengadopsi teknologi masa depan. Komitmen tersebut kini diwujudkan dengan peluncuran layanan Internet of Things (IoT) terbaru bernama Energy Visibility Solution (Envion), sebuah solusi berbasis kecerdasan buatan (AI) yang berguna untuk otomatisasi dan optimalisasi sistem manajemen energi untuk segmen enterprise. . . Telkomsel IoT Envion dapat memberikan peringatan dan memiliki fungsi sistem reduksi sehingga konsumsi energi dapat dioptimalkan oleh perusahaan jika genset rusak atau baterai dicadangkan.

Penggunaan bot IVR (Interactive Voice Response) umumnya telah digunakan oleh banyak penyedia layanan kecerdasan buatan. Biasanya, Bot IVR hanya berkomunikasi satu arah dan memutar pesan suara yang direkam setiap kali pelanggan melakukan panggilan telepon.

Namun kini otomatisasi interaksi terus berkembang dan beradaptasi dengan kebutuhan percakapan yang lebih intens. Neuro.net adalah salah satu perusahaan yang mengembangkan teknologi yang dapat menjawab pertanyaan atau "bereaksi" terhadap percakapan yang kompleks.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline