Lihat ke Halaman Asli

Arya Duta Gordra Sumitro Putra

Mahasiswa Universitas Airlangga

UMKM Level Up

Diperbarui: 25 Juni 2022   16:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: dok. penulis

Sejak melandanya pandemi covid-19 di Indonesia, banyak berbagai sektor yang mendapat kerugian akibatnya. Tak terkecuali sektor ekonomi yang mendapatkan dampak luar biasa dengan ditandai oleh beberapa perubahan. Perubahan tersebut yakni, adanya kebijakan social distancing. Hal ini mematikan interaksi jual beli secara langsung antara penjual dan pembeli khususnya pada UMKM lokal daerah. Di Indonesia, pada umumnya pelaku UMKM berpusat pada pasar tradisional atau tempat yang bersifat statis. 

Dari media sosial memang telah banyak bermunculan para pelaku usaha yang melakukan transformasi dari toko konvensional menjadi toko digital pada platform e-commerce seperti Tokopedia. Namun pertumbuhan toko digital di Indonesia tidak merata dan masih banyak UMKM yang belum mengenal apa itu toko digital dan kelebihan toko digital terutama pada masa pandemi ini. 

Toko digital memiliki banyak manfaat yang sangat mendukung perkembangan UMKM di Indonesia. Kemudahan untuk mengakses toko digital menjadi daya tarik konsumen untuk membeli barang di e-commerce kesayangan mereka. Namun kurangnya pengetahuan masyarakat dalam penggunaan platform e-commerce menjadi tantangan bagi para pelaku UMKM lokal daerah.

Gerakan Pemuda Sidoarjo atau yang disingkat GPS merupakan organisasi sosial yang berkomitmen untuk membantu membangkitkan UMKM lokal sejak tahun 2020. Pada tahun 2022, Gerakan Pemuda Sidoarjo dan Rappo.id bekerja sama dengan Campaign.com dan Tokopedia untuk memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan UMKM lokal daerah. Program campaign ini bernama #AkuPilihLokal. 

Campaign ini terdiri atas 2 periode yakni challenge dan webinar. Periode challenge merupakan kegiatan yang mengajak seluruh elemen masyarakat yang dinamakan sebagai changemakers untuk turut serta memajukan produk lokal yang telah melakukan digitalisasi melalui platform Tokopedia. Setelah selesai, terdapat webinar atau pelatihan secara daring dengan mengajak seluruh elemen masyarakat dan UMKM lokal dalam menyusun kiat-kiat mengembangkan UMKM melalui digitalisasi. Selain webinar, terdapat juga pelatihan secara privat kepada pihak UMKM terpilih.

Gerakan pengembangan UMKM tentunya tidak berhenti hingga saat ini. Gerakan Pemuda Sidoarjo selalu berkomitmen untuk menjalankan visi dan misinya. Begitu pula Gerakan Pemuda Sidoarjo sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan instansi atau organisasi lainnya. Mari kita majukan ekonomi nasional dengan bangkitkan ekonomi kerakyatan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline