Lihat ke Halaman Asli

Solusi Bercocok Tanam di Lahan yang Sempit di Kota Besar

Diperbarui: 31 Mei 2022   19:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Menanam sayur mayur sering kali dilakukan di belakang pekarangan rumah untuk bisa dikonsumsi sehari- hari. Namun  bagaimana jika rumah kita berada ditengah kota besar dengan lahan yang sempit?

Hidroponik adalah budidaya menanam tanpa menggunakan media tanah, melainkan dengan cara memanfaatkan air. Satu hal yang sangat ditekankan dalam hidroponik adalah pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Teknik menanam hidroponik membutuhkan air lebih sedikit jika dibandingkan dengan teknik menanam di tanah pada umumnya. Dengan adanya teknik menanam dengan hidroponik tersebut mempermudah mereka  yang ingin menanam sayuran  walau tinggal di pemukiman padat ditengah kota besar.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Kelompok 44 KKN-T MBKM, kelompok ini menyarankan kepada kelurahan yang ditempati untuk KKN yaitu Kelurahan Genteng, kecamatan Genteng, Kota Surabaya . Yang sebagai mana diketahui kelurahan ini berada ditengah kota dan sangat padat penduduk sehingga tidak memiliki lahan untuk bercocok tanam. Dengan permasalahan tersebut Kelompok  44 KKN-T MBKM bekerja sama dengan beberapa pihak dari kelurahan tersebut untuk bersama-sama membuat hidroponik sederhana.

Hanya memerlukan beberapa peralatan yang digunakan seperti, netpot, rockwool, nutrisi, benih sayur, wadah,dan tentunya air. Peralatan tersebut sangat mudah kita temukan di toko Florist. Sayuran yang bisa ditanam dengan media hidroponik antara lain selada, tomat, kangkung, bayam, stroberry, dan masih banyak lagi. Pada kesempatan ini Kelompok  44 KKN-T MBKM dan beberapa pihak dari kelurahan memilih kangkung sebagai tanaman yan

dokpri

g kita tanam dengan media hidroponik.

Dengan adanya metode hidroponik tersebut, membuat masyarakat yang tinggal di kota besar dengan lahan yang sempit tetap bisa menanam sayur untuk mereka konsumsi sendiri maupun bisa dijadikan sebagai ide bisnis.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline