Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Arya Adhi Maulana

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Angkatan 2021

Jajanan Kaki Lima Korea Selatan Bikin Ramai di Indonesia

Diperbarui: 6 Januari 2023   00:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Korean Garlic Cheese Bread yang Sedang Dihidangkan Di Atas Piring, Sumber: cookpad.com

Korea Selatan berhasil membuat ramai di Indonesia karena kehadiran K-Pop dan drama Korea. Selain dari 2 hal tersebut makanan disana juga menarik perhatian para masyarakat Indonesia. 

Salah satunya Korean Garlic Cheese Bread. Korean Garlic Cheese Bread merupakan jajanan kaki lima di Korea Selatan yang memiliki tekstur gurih dan empuk. Roti ini ramai selain rasa yang begitu enak roti ini juga disorot di dunia hiburan melalui K-Pop, sehingga roti tersebut menjadi populer di Indonesia.

Hal tersebut dapat dikaitkan dalam materi pop culture atau budaya populer. Sebelum membahas tentang budaya populer, ada penjelasan tentang budaya yaitu suatu tradisi atau keyakinan dan kebiasaan yang dilakukan oleh suatu kelompok. Sementara untuk populer yaitu sesuatu hal yang bisa dimengerti oleh masyarakat dengan mudah. 

Secara keseluruhan budaya populer atau biasa disebut pop culture merupakan kebiasaan yang telah dilakukan oleh suatu kelompok kemudian mengambang secara massal(Zaher,2013).

Berita yang dilansir dari CNN Indonesia sejarah dari Korean Garlic Cheese Bread ini dimulai pada suatu daerah Gangneung yang berada di provinsi Gangwon. Kemudian roti tersebut mulai di jual di berbagai stasiun yang ada di kota Seoul. "Selang berjalannya waktu roti tersebut mulai dijual pada mal-mal besar," kata salah satu warga Korea Selatan Ryu Hanna kepada CNNIndonesia.com dan pada akhirnya cafe-cafe di Korea Selatan juga mulai berjualan roti tersebut, Kamis (16/7).

Korean Garlic Cheese Bread ini olahan roti yang dipotong 6 sisi secara silang kemudian diberi beberapa siung bawang putih, keju, dilumuri bumbu kemudian dipanggang lalu diberi taburan parsley. Roti jenis ini disukai oleh masyarakat Korea Selatan karena aroma khas pada bawang putih tersebut. Perlu diketahui bahwa bawang putih merupakan bumbu wajib yang ada di setiap hidangan secara mentah maupun dimasak seperti kimchi.

Korean Garlic Cheese Bread ini dilirik oleh masyarakat Indonesia pada saat dimakan oleh para K-Popers dan K-Drama. Kemudian para Youtubers Korea pun mulai memberikan resep dan cara pembuatan roti tersebut di channel mereka hingga chef ternama, Youtubers Indonesia juga turut berpatisipasi dalam video tutorial membuat Korean Garlic Cheese Bread, sehingga roti tersebut menjadi ramai di Indonesia

Korean Garlic Cheese Bread bisa dijumpai tidak hanya di toko kue saja, namun bisa dijumpai di toko online karena sekarang sudah banyak industri bakery rumahan yang menjualnya. Untuk harga Korean garlic cheese bread ini dijual dari 25 ribu rupiah hingga 35 ribu rupiah, tergantung pada ukuran roti tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline