Lihat ke Halaman Asli

Inovasi Pembelajaran..?? Apa Siih Yah Maksudnya..??

Diperbarui: 26 Juni 2015   12:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Kita semua tahu bahwa pendidikan di negara kita sangatlah tertinggal jauh dari pendidikan yang ada di negara-negara tetangga kita. Hal tersebut berkaitan dengan adanya kendala-kendala yang dihadapi negara kita dalam dunia pendidikan. Sudah sangat berkembangnya jaman dan teknologi yang tidak diimbangi dengan bertambahnya kualitas SDM ( pengajar) yang tersedia di Indonesia merupakan ganjalan yang harus segera dimusnahkan. Selain itu adanya sarana dan fasilitas pembelajaran yang memadai juga sangat penting dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Hal ini bukan lagi masalah baru di negara kita.

Bosan dengan ini...

Sangat bosan sekali melihat kenyataan yang timbul di negara kita ini. Selalu tertinggal dan mengekor kesuksesan negara lain. Kapan kita bisa seperti Jepang....? pertanyaan ini sering sekali dilontarkan oleh orang-orang yang mulai merasa jenuh dengan sistem pendidikan negara kita. Dengan terus berada ditempat seperti ini sangat susah menggapai impian tentang adanya negara besar dengan mutu pendidikan kelas dunia bernama Indonesia. Untuk itu perlu adanya inovasi dalam dunia pendidikan terutama dalan kegiatan pembelajarannya agar kita tidak stak ditempat.

Apa sih inovasi pembelajaran itu...

Dalam inovasi pembelajaran kata innovation sering diartikan segala hal yang baru atau pembaharuan (S. Wojowasito, 1972; Santoso S. Hamijoyo, 1996). Pembaharuan bisa disebut juga penemuan, kata penemuan sering digunakan untuk mengartikan terjemahan kata discoverydan invention. Diskoveri (discovery) adalah penemuan sesuatu yang sebenarnya bendaatau hal yang ditemukan itu sudah ada, tetapi belum diketahui orang. Invensi (invention) adalah penemuan sesuatu yang benar-benar baru, artinya hasil kreasi manusia. Benda atau hal yang ditemui itu benar-benar sebelumnya belum ada, kemudian diadakan dengan hasil kreasi baru. Misalnya penemuan teori belajar, teori pendidikan dan sebagainya. Tentu saja munculnya ide atau kreativitas berdasarkan hasil pengamatan, pengalaman, dari hal-hal yang sudah ada, tetapi wujud yang ditemukannya benar-benar baru.

Jadi menurut pengertian diatas inovasi pembelajaran adalah penemuan hal atau barang baru yang belum pernah ada atau sudah ada namun mengalami perombakan agar lebih sempurna fungsinya dalam dunia pendidikan. Inovasi pembelajaran diadakan untuk mencapai suatu tujuan atau untuk memecahkan suatu masalah yang timbul dalam dunia pendidikan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline