Lihat ke Halaman Asli

Intip Perbedaan Media Sosial Marketing dengan Digital Marketing

Diperbarui: 4 Mei 2016   17:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Intip Perbedaan Media Sosial Marketing Dengan Digital Marketing"][/caption]Dengan semakin majunya dunia teknologi dan informasi yang berkembang di saat ini, nampaknya juga memberikan banyak perubahan perilaku orang dalam berbisnis. Salah satu hal yang terlihat berubah dalam dunia bisnis akibat adanya perkembangan teknologi dan informasi tersebut adalah munculnya teknik pemasaran yang memanfaatkan jaringan internet. 

Namun karena munculnya banyak teknik yang ada belakangan, maka pada akhirnya banyak orang yang merasa kebingunan dengan teknik-teknik pemasaran yang ada. Dua teknik yang seringkali dianggap sama oleh pelaku bisnis adalah antara digital marketing dengan media sosial marketing. Jika melihat dari jaringan yang digunakan memang hampir sama karena keduanya sama-sama berjalan dengan menggunakan jaringan internet. Namun pada kenyataannya ternyata keduanya memiliki perbedaan yang begitu signifikan. Sehingga kita memang harus membahasnya satu persatu.

Digital marketing merupakan salah satu teknik berbisnis untuk melakukan promosi untuk produk barang dan jasa dengan menggunakan segala jenis dari saluran digital yang ada. Dalam digital marketing terdapat 2 komponen penting yaitu internet marketing dan non-internet. 

Dalam digital marketing untuk internet marketing dapat berupa Web, SEO, SEM, smartphone, mobile marketer, email marketing, iklan banner online dan juga menggunakan media sosial, sementara untuk yang non-internet dapat berupa televisi, radio, SMS, billboard digital. Sementara itu untuk media sosial marketing ini sendiri merupakan proses mempromosikn barang dan jasa melalui segala saluran media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, Youtube dan masih banyak lagi lainnya.

Melihat penjelasan kedua pengertian diatas, maka dapat dilihat bahwa media sosial marketing merupakan bagian dari digital marketing. Sehingga jika melihat dari pengertiannya, kita tahu betul bahwasanya cakupan digital memang lebih luas dari media sosial marketing, karena dalam digital marketing tak hanya di wilayah online saja namun juga mencakup wilayah offline. Sehingga memang, setelah melihat perbedaan yang terdapat didalam keduanya maka cara untuk menggunakan dan teknik-teknik yang digunakan tentu saja berbeda. 

Digital marketing yang berdiri sendiri sebagai sebuah toko tanpa perlu ada memasuki area orang lain memang bisa dikatakan dapat mengekspresikan apa yang ingin di ungkapkanya mengenai barang dan jasa yang dijual dengan lebih nyaman. Namun sebaliknya, untuk media sosial marketing yang harus berhubungan dengan orang lain karena dalam wadah media sosial harus benar-benar tahu batasan-batasan apa yang harus dipatuhi, supaya nantinya orang-orang yang menjadi target pasar Anda tidak menjadi illfeel kepada Anda hanya karena terlalu sering mempromosikan barang dan jasa yang Anda jual. Karena pada dasarnya, media sosial memang merupakan wadah untuk bersosialisasi bukan wadah untuk promosi.

Anda masih perlu penjelasan lebih lanjut? Cek disini untuk mendapatkan ilmu digital marketing gratis http://buattokoonline.id/tag/media-sosial/




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline