Lihat ke Halaman Asli

Aplikasi Pendidikan Pra-Sekolah bagi Balita

Diperbarui: 25 Juni 2015   01:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

MiniSebran02 MiniSebran: Aplikasi Pendidikan Pra Sekolah bagi Balita software komputer news komputer

Minisebran adalah suite bebas dari permainan belajar sejak dini untuk anak-anak 2-6 tahun. Ini mencakup delapan latihan yang berbeda, termasuk latihan menggambar doodle dan permainan yang sangat sederhana untuk mendapatkan untuk mengetahui angka dan huruf, dan belajar menggunakan keyboard.Untuk menjalankan Minisebran, Anda memerlukan Windows 2000, Windows XP atau Windows Vista. Anda juga memerlukan Microsoft NET Framework (versi 1.1). Untuk diinstal di komputer Anda. Jika Anda menjalankan Windows XP, mungkin sudah terpasang Materi yang ditawarkan MiniSebran meliputi pengenalan warna, huruf, angka, gambar, bentuk, dan pengembangan kreativitas anak. Untuk menambah minat si kecil dalam belajar, aplikasi ini juga dilengkapi dengan beragam suara dan lagu. MiniSebran sendiri bukan hanya memperkenalkan pendidikan seputar akademis saja. Anak-anak juga akan diajarkan untuk menggunakan komputer secara dasar yaitu dengan melatih penggunaan keyboard dan mouse. Tampilan MiniSebran didominasi dengan warna hitam sebagai latar belakang. Tombol yang tersedia cukup besar, sangat cocok untuk anak-anak. Aplikasi ini memakan satu layar penuh saat dijalankan. Materi pembelajaran terbagi ke dalam delapan kotak yang masing-masing kotaknya memiliki fungsi yang berbeda.

MiniSebran01 MiniSebran: Aplikasi Pendidikan Pra Sekolah bagi Balita software komputer news komputer

Software ini mengikutsertakan unsur pendidikan saat bermain game. Asyiknya lagi, saat si anak menjawab pertanyaan di game ini dengan benar, akan muncul “happy face” yang tentunya akan menambah semangatnya untuk terus belajar. Aplikasi ini memang belum tersedia dalam bahasa Indonesia. Namun, Anda dapat mengambil keuntungan dari kekurangan tersebut karena Anda dapat sekaligus mengajarkan bahasa Inggris sejak dini kepada si kecil. Secara umum, aplikasi ini cukup ideal untuk membantu proses belajar anak berumur dua sampai enam tahun. Si kecil akan merasa proses belajarnya lebih menyenangkan. Sedangkan untuk para orangtua, tentunya akan sangat bersyukur karena tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli aplikasi ini.

MiniSebran dapat Anda unduh langsung melalui website resminya di www.wartoft.nu. Aplikasi ini dapat dijalankan pada komputer yang menggunakan sistem operasi Microsoft Windows 2000, Windows XP, Windows Vista dan Windows 7.

MiniSebran03 MiniSebran: Aplikasi Pendidikan Pra Sekolah bagi Balita software komputer news komputer

MiniSebran04 MiniSebran: Aplikasi Pendidikan Pra Sekolah bagi Balita software komputer news komputer

Jika Anda memiliki masalah dengan menginstal font tidak benar, Anda dapat men-download font (format ttf). Minisebran berjalan dalam banyak bahasa yaitu Katalan, Bahasa Inggris, Esperanto, Perancis, Italia, Portugis, Spanyol, Afrika, Yunani dan Swedia. Tetapi bagi kita yang berbahasa Indonesia sudah tersedia dan tidak perlu menambahkan bahasa baru. Untuk anak-anak agak lebih tua (usia 4-9 tahun), saya merekomendasikan Sebran bebas ABC. Selain itu, Anda juga dapat menemukan perangkat lunak dan perangkat lunak lebih balita anak-anak seni di website Software.com Kids.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline