Lihat ke Halaman Asli

Arwa Karima

Mahasiswa

Persiapan Karir Bersama Ruang Planner & Organizer

Diperbarui: 24 Juni 2022   09:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Ruang Planner & Organizer

Bandung - Saat ini, banyak intitusi pendidikan yang sedang menggelar kegiatan wisuda bagi para pelajar dan mahasiswa yang telah berhasil menyelesaikan studinya. Namun, wisuda bukanlah akhir dari perjuangan, melainkan gerbang awal bagi pelajar dan mahasiswa menuju dunia kerja yang nyata dengan tingkat kompetitif yang sangat ketat. 

Untuk menjadi sumber daya yang siap saing maka diperlukan persiapan karir yang sangat matang. Maka dari itu, Ruang Planner & Organizer mengadakan webinar dengan nama kegiatan Webinar Bincang Karir via Zoom Meeting yang bertemakan "Tips & Tricks: Strategies to Become Attractive Job Seeker". Webinar ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada seluruh peserta akan pentingnya mempersiapkan karir sedini mungkin agar mampu bersaing dengan pesaing lainnya. Webinar yang dilaksanakan oleh kelompok mahasiswa Ilmu Komunikasi Bisnis pada Sabtu, 4 Juni 2022 ini merupakan syarat tugas Ujian Akhir Semester 6 untuk mata kuliah Event & Liaison Management Program Studi Ilmu Komunikasi UNIBI. 

Webinar ini menghadirkan dua narasumber yaitu Atikah Rahmah selaku Recruiter pada perusahaan Shopee, dan Diella Amanda yang berprofesi sebagai Marketer di perusahaan Grab sekaligus Internship Content Creator & Mentor. Webinar ini dimoderatori oleh Refa Aprianti yang merupakan Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2019 UNIBI. 

Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB yang diawali pembukaan oleh MC. Selanjutnya adalah sambutan dari Bapak Diwan Setiawan, S.Ds., M.Sn yang merupakan Dekan Fakultas Komunikasi dan Desain UNIBI. Dan dilanjutkan oleh sambutan Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi yaitu Ibu Shinta Hartini Putri S.I.KOM., M.Si. yang diwakili oleh Ibu Nissa Lathifah M.I.KOM selaku Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi UNIBI. 

Materi pertama disampaikan oleh Atikah Rahmah. Dalam pemaparannya, Atikah Rahmah menjelaskan pentingnya untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja mulai dari sekarang, tidak menunggu masa pendidikan usai. Hal yang bisa dilakukan adalah dengan cara mempelajari skill baru yang bisa kita dapatkan dengan mengikuti training atau bootcamp yang sudah tersertifikasi seperti Coursera dan LinkedIn. Hal tersebut akan membantu dalam membangun personal branding. Personal branding merupakan citra diri yang sengaja dibangun agar orang lain dapat menilai dari prestasi yang telah kita capai. Personal branding merupakan investasi untuk masa depan karir. "Jika kita berhasil membentuk personal branding yang baik, maka nanti bukan kita yang mencari recruiter, tapi recruiter yang mecari kita", tutur Atikah dalam pemaparannya. Selain itu Atikah Rahmah menjelaskan juga mengenai pembuatan CV yang menarik, bagaimana cara mempersiapkan diri dalam menghadapi pertanyaan interview, serta membuat branding yang baik ketika interview. 

Sesi tanya jawab dengan Atikah Rahmah, dokpri

Pemaparan yang kedua disampaikan oleh Diella Amanda. Diella Amanda menyampaikan tentang seputar internship, dan job portal seperti LinkedIn, Jobstreet, Kalibrr, Indeed, Campus Career, dan Networking.

Sesi tanya jawab dengan Diella Amanda, dokpri

Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab yang disambut antusias oleh para peserta. Hal ini dapat dilihat pada keaktifan peserta dalam sesi tanya-jawab. Webinar yang diketuai oleh Ryani Riva Adam Puteri ini sukses dilaksanakan dan dihadiri peserta sebanyak 255 orang yang berasal dari berbagai daerah dan universitas yang ada di Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian sertifikat kepada narasumber, pengumuman pemenang doorprize E-Wallet & Goodiebag, serta penyampaian teknis pembagian e-setifikat peserta.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline