Lihat ke Halaman Asli

Peran dan Tantangan Ideologi Keagamaan dalam Masyarakat Modern

Diperbarui: 19 Juni 2023   21:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

     Menurut saya peran and tantangan ideologi keagamaan dalam masyarakat modern itu sangat bervariasi,tergantung dilihat dari konteks budaya,politik atau sosial di sebuah negara atau sebuah wilayah tertentu. berikut ini beberapa pandangan yang umum perihal peran dan tantangan ideologi keagamaan dalam masyarakat modern:

-Peran Ideologi Keagamaan

1. Nilai nilai dan identitas: ideologi keagamaan sendiri dapat menjadi sumber sumber identitasdan nilai nilai bagi individu maupun bagi masyarakat.

2. Pengabdian kepada masyarakat: Agama banyak memiliki komponen pengabdian kepada masyarakat yang sangat kuat.mereka dapat mendorong seseorang dan suatu kelompok untuk ikut andil dalam kegiatan kegiatan yang positif seperti beramal dan membantu orang yang kurang mampu dibidang finansial.

3. Penguatan suatu komunitas: Karena agama sering menyatukan orang orang di sebuah komunitas yang saling berbagi keyakinan dan suatu praktik keagamaan yang sama.

     Nah,diatas telah dijelaskan tentang peran peran ideologi keagamaan,selanjutnya setelah peran tersebut mestinya ada tantangan yang harus dihadapi dalam ideologi keagamaan, berikut ini tantangan dalam ideologi keagamaan;

-Tantangan Ideologi Keagamaan:

1.  Multikulturalisme dan pluralisme: Didalam masyarakat modern sangat sering didominasi oleh keanekaragaman agama dan keyakinan. Tantangan terbesarnya sendiri ialah bagaimana cara membangun hubungan yang saling menghargai dan sama sama toleran antara kelompok kelompok agama yang berbeda,sera memenyelesaikan konflik dan ketegangan  yang mungkin muncul didalam masyarakat.

2. Rasionalitas dan Sains: Dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan pemikiran yang rasional telahmenyuguhi tantangan bagi beberapa ideologi keagamaan. Pengetahuan ilmiah tentang dunia kerap berbeda dengan narasi suatu agama,hal ini menimbulkan konflik dan ketegangan.

3. Sekularisme dan modernitas: Masyarakat jaman sekarang cenderung lebih menuju arah yang lebih sekular,dengan dipisahnya antara negara dan agama. Dalam beberapa ideologi keagamaan sendiri telah menghadapi tantangan didalam mempertahankan relevansi mereka ditengah perubahan perkembangan nilai nilai sekuler dan sosial.

Perlu diingat bahwa peran dan tantangan ideologi keagamaan itu bisa sangat bermacam macam dan bervariasi dalam masyarakat zaman sekarang(modern). Pengaruh agama bisa berbeda di setiap negara dan individu dalam suatu masyarakat modern juga memiliki spektrum keyakinan yang sangat luas.

-




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline