Lihat ke Halaman Asli

Arum Sekar Adyota

Mahasiswa Unissula

Pembelajaran Matematika Geometri Berbasis Geogebra

Diperbarui: 15 Juli 2023   22:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Arum Sekara Adyota, Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Nila Ubaidah, S. Pd., M. Pd., Dosen pengampu mata kuliah Literasi Matematika.

          Perkembangan teknologi pada zaman sekarang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan ini tentunya mempunyai dampak bagi masyarakat luas di seluruh penjuru dunia, baik langsung maupun tidak langsung. Dampak ini, selain mempengaruhi manusia, juga mempengaruhi berbagai bidang. Salah satunya bidang pendidikan.

          Pendidikan merupakan hal yang sangat krusial dan harus diberikan kepada seorang insan khususnya pada saat mengalami perkembangan diri. Perkembangan diri yang pesat tersebut biasa terjadi dari umur 3-20 tahun. Untuk mengimbangi perkembangan tersebut maka, input yang didapat haruslah sesuai dengan kapasitas orang tersebut. Pendidikan yang diberikan harus memiliki kualitas yang baik.

          Untuk saat ini, banyak sekali developer yang berlomba-lomba menciptakan dan mengembangkan software yang mampu mendukung peradaban manusia. Salah satunya aplikasi GeoGebra. Dalam bidang pendidikan, Geogebra dipandang mampu memberikan banyak bantuan kepada siswa maupun guru karena memiliki banyak manfaat untuk kebarlangsungan proses pembelajaran dalam ranah pendidikan.

          Untuk mengenal lebih jauh mengenai aplikasi Geogebra, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu Geogebra. Geogebra adalah perangkat lunak matematika yang digunakan untuk menggabungkan konstruksi geometri, aljabar, dan kalkulus dalam satu platform yang interaktif. Aplikasi ini dikembangkan oleh Markus Hohenwarter, seorang profesor matematika Austria, pada awal tahun 2001. Ia memiliki visi untuk menciptakan alat yang memungkinkan siswa dan guru secara interaktif mempelajari dan menjelajahi konsep-konsep matematika. Ia ingin menggabungkan representasi visual dengan perhitungan matematika, sehingga pengguna dapat memahami konsep secara lebih baik melalui eksplorasi dan eksperimen.

          Pada awalnya, Hohenwarter mengembangkan Geogebra sebagai proyek sampingan saat masih menjadi mahasiswa. Ia merilis versi pertama Geogebra pada tahun 2002 sebagai perangkat lunak sumber terbuka. Seiring waktu, Geogebra mendapatkan popularitas yang signifikan di kalangan guru matematika dan siswa di seluruh dunia. Fitur-fitur baru terus ditambahkan, termasuk kemampuan untuk melakukan perhitungan aljabar, analisis, dan statistik. Geogebra juga telah berkembang menjadi platform yang lebih luas, termasuk aplikasi web dan perangkat seluler.

          Penggunaan aplikasi Geogebra menjurus pada bidang matematika maupun pada bagian pendidikan matematika. Dalam pendidikan, khususnya saat proses pembelajaran matematika geometri, media Geogebra menggunakan pendekatan yang inovatif dan efektif dalam mengajar dan mempelajari konsep geometri. Nantinya, aplikasi ini akan memvisualisasikan dan memanipulasi objek geometri secara interaktif sehingga memudahkan penggunanya untuk memahami konsep-konsep geometri.

          Keunggulan Geogebra sendiri terletak pada kemampuannya untuk memvisualisasikan objek geometri secara interaktif, seperti membuat objek geometri, mengubah ukuran dan propertinya, serta melakukan transformasi geometri. Nah, untuk melakukan beberapa kegiatan tersebut, ada beberapa langkah yang harus dilakukan siswa untuk mengoptimalkan penggunaan aplikasi ini.

1. Membuat Objek Geometri:

  • Pilih alat geometri yang sesuai dari toolbar Geogebra, seperti titik, garis, segitiga, lingkaran, atau poligon.
  • Klik pada area kerja Geogebra untuk menempatkan objek tersebut.
  • Untuk objek yang membutuhkan lebih dari satu titik, seperti segmen atau poligon, klik pada area kerja untuk menentukan titik-titik kontrol objek tersebut

2. Mengubah Ukuran Objek:

  • Pilih objek geometri yang ingin diubah ukurannya dengan mengkliknya.
  • Gunakan alat pengubah ukuran di sekitar objek untuk menarik atau menggesernya, atau gunakan dialog properti untuk memasukkan nilai ukuran yang tepat.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline