Lihat ke Halaman Asli

Arum Sekar Adyota

Mahasiswa Unissula

Pengaruh Lembaga Pendidikan terhadap Perkembangan Moral Anak

Diperbarui: 19 Juni 2023   09:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kelompok 4

Isma masaid_34202200003

Diah Ayu Cahyaningsih_34202200008

Nailul Iszah_34202200018

Rahma Ayu Salsabila _34202200021

Syaffra Putri Tirzhani_34202200023

Arum Sekar Adyota_34202200032

Dosen Pengampu: Nila Ubaidah, S. Pd., M. Pd.

Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung.

          Pertumbuhan dan perkembangan anak merupakan hal yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup anak. Sebagai pendamping sang anak, orang tua harus memfasilitasi hal tersebut karena itu menjadi penentu kualitas diri sang anak. Dalam pertumbuhan, tentunya kita berbicara tentang pertumbuhan fisik dari anak. Sedangkan perkembangan anak meliputi mental dan psikologi. Untuk memfasilitasi perkembangan anak, khususnya pada anak yang telah memasuki usia yang sudah cukup untuk bersekolah, biasanya orang tua akan memasukkan anak pada Lembaga Pendidikan yang sesuai.

          Lembaga pendidikan memainkan peran penting dalam membentuk karakter dan moral anak. Di samping memberikan pendidikan akademik, lembaga pendidikan juga bertanggung jawab untuk membantu anak memperoleh nilai-nilai yang penting untuk kehidupan, seperti toleransi, kejujuran, dan tanggung jawab. Oleh karena itu, menjadikan pendidikan moral sebagai bagian penting dalam kurikulum pendidikan sangatlah penting. Menurut Kohlberg, perkembangan moral dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu, prakonvensional, konvensional, dan pasca-konvensional.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline