Lihat ke Halaman Asli

Arum Kusumo Rahayu

Mahasiswi UNJ

Masyarakat dalam Fungsionalisme Struktural - Talcott Parsons (1902-1979)

Diperbarui: 17 September 2022   23:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Asumsi Dasar dari Teori Fungsionalisme Struktural: teori ini tuh berhubungan sama masyarakat yang akan disepakati (nilai dari tiap orang yang akan dilihat menjadi sistem yang saling berkaitan). Jadi, dapat disimpulkan kalau masyarakat itu saling berhubungan satu sama lain dan saling membutuhkan antara manusia satu dan lainnya.

Aktor dan Sistem Sosial: aktor itu sebagai peran yang penting dan diliat dari derajat yang tinggi yang dapat berkominukasi dalam lingkungan dan juga dapat mencapai tujuan. Nah, di sistem sosial itu ada aktornya yang kemudian berinteraksi di lingkungan yang akan menjadi kultur.

Proses internalisasi dan sosialisasi: proses ini dapat dsimpulkan adanya perbuatan yang menyatukan pola nilai dalam sistem sosial. Manusia itu berbuat suka rela dan ada arahnya untuk mencapai tujuan dan ada yang mengatur (alat dan tujuan) yang dipengaruhi kondisi dan ide-ide. Manusia berbuat bebas milih tujuan dan ada arahnya yaitu motivasi dan nilai.

AGIL:

(1) Adaption: sistem yang harus beradaptasi dengan lingkungan disekitarnya. Contohnya itu seperti adanya pembuatan produk dan menyalurkannya.

(2) Goal attainment: sistem yang paling utamanya itu harus mencapai tujuan dan dikerjakan sama kekuasaan yang sah seperti negara.

(3) Integration: sistem yang menyusun hubungan fungsi adaptasi, fungsi pencapaian tujuan dan fungsi mempertahankan pola dan struktur masyarkat.

(4) Lattent pattern maintenance: sistem yang harus melengkapi, seluruh yang menciptakan dan memotivasi yang dilakukan sama subsisem budaya (menangani nilai dan norma).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline