Lihat ke Halaman Asli

Pantaskah RCTI Disalahkan?

Diperbarui: 23 Juni 2015   22:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hiburan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Setelah tiga hari tayang, 28-30 April 2014, RCTI menghentikan penayangan sinetron Kau yang Berasal dari Bintang. Keputusan itu diambil setelah mempertimbangkan masukan dari pemirsa RCTI yang diterima melaui surat elektronik dan jejaring sosial semisal Twitter.

Pihak RCTI yang diwakili Head of Corporate Secretary-nya Adjie S Soeratmadjie mengaku baru mengetahui kemiripan cerita antara Kau yang Berasal dari Bintang dengan You Who Came From The Stars (My Love From the Star) produksi  SBS Korea dari pemirsa RCTI.

Saat mengetahui banyak kemiripan, pihak RCTI langsung berkoordinasi dengan pihak rumah produksi yang memproduksi sinetron ini, yakni SinemArt. Ya, RCTI hanya membelinya dari SinemArt, bukan yang memproduksi sinetron yang dibintangi Morgan Oey dan Nikita Willy ini.

Pihak SinemArt mengatakan kalau cerita Kau yang Berasal dari Bintang dengan You Who Came From The Stars hanya mirip, tidak sama persis alias tidak menjiplak 100 persen. Selama ini, hubungan RCTI dan SinemArt memang boleh dibilang sangat baik. Banyak sinetron unggulan RCTI dipasok rumah produksi yang beralamat di Kedoya, Jakarta Barat ini.

Saat ini saja, ada tiga sinetron produksi SinemArt yang tayang pada prime time di RCTI. Yakni Ayah Mengapa Aku Berbeda, Anak Anak Manusia, dan  Tukang Bubur Naik Haji. Sebelumnya, ada banyak sinetron produksi SinemArt lainnya yang pernah tayang di RCTI. Diantaranya, Puteri Nomer Satu, Aprilio & Julie, Fortune Cookies, Cinta Anak Cucu Adam, Semua Sayang Eneng, dan Surat Kecil untuk Tuhan The Series.

Bahkan, mungkin semua sinetron yang ditayangkan RCTI selama beberapa tahun terakhir merupakan produksi SinemArt. Sudah lama bekerjasama, saling percaya, membuat RCTI yakin kalau sinetron terbaru yang dibeli dari SinemArt tidak kalah bagus dari sinetron-sinetron sebelumnya.

Jadi, pantaskah RCTI disalahkan atas kemiripan cerita Kau yang Berasal dari Bintang dengan You Who Came From The Stars?

Seperti diketahui, You Who Came From The Stars bercerita tentang Do Min-Joon (Kim Soo-Hyun) , alien yang mendarat di bumi 400 tahun lalu, saat periode Dinasti Joseon. Do Min-Joon memiliki penampilan mendekati sempurna dengan kemampuan fisik yang luar biasa dalam penglihatan, pendengaran, dan kecepatan.

Do Min-Joon berpandangan sinis kepada manusia, tetapi akhirnya jatuh cinta dengan seorang aktris bernama Cheon Song-Yi (Gianna Jun). Serial Korea besutan Jang Tae-Yoo ini tayang di SBS sejak 18 December 2013 sampai 27 February 2014.

Sementara Kau yang Berasal dari Bintang menceritakan alien bernama Morgan yang terjebak di dunia manusia setelah berusaha membantu gadis bernama Delima yang berakhir dengan kematian yang tragis. Lantas, Morgan bertemu dengan seorang gadis yang wajahnya mirip dengan gadis yang ditemuinya 400 tahun lalu, saat menyelamatkannya dari kecelakaan.

Tujuh tahun berlalu, setelah kejadian itu Morgan tidak peduli lagi dengan bumi dan bersiap untuk kembali ke rumahnya di planet lain. Saat itulah dia bertemu seorang aktris yang merupakan tetangga dan murid mahasiswanya bernama Vania. Mereka mulai jatuh cinta, tetapi kisah cinta mereka tidak berjalan mulus.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline