Sepeda Motor merupakan salah satu transportasi pilihan warga Jakarta untuk beraktifitas bekerja setiap harinya. Dengan kondisi jalanan Jakarta yang macet dan juga terbiasa menghadapi banjir saat musim hujan maka diperlukan sepeda motor yang cocok dengan kondisi ini. Motor yang lebih dibutuhkan warga Jakarta adalah motor yang sportif elegan, inovasi canggih, hemat bahan bakar serta ramah lingkungan. Jawabannya hanya satu yaitu Vario 150eSP. Mungkin banyak yang bilang motor matic itu kurang macho, identik dengan feminim. Jangan salah lagi, Vario 150eSP Sempurna banget buat kaum Adam karena lebih sportif dilengkapi dengan garnish untuk aksesorisnya sehingga motor lebih mewah dan elegan.
[caption caption="Vario 150eSP Foto:www.welovehonda.com"][/caption]
Disini saya akan menjelaskan dengan kalimat sesederhana mungkin supaya orang yang awam tentang otomotif bisa lebih mengerti dan tahu lebih detail tentang Honda Vario 150eSP. Honda Vario 150eSP merupakan produk teranyar dari Astra Honda berupa motor scooter matic. Scooter matic ini penggabungan sebuah motor skuter dengan bentuk rangka motor bebek yang memiliki mesin ala skuter yang terletak di belakang sebelah kiri, untuk maticnya berasal dari kata automatic dimana sebuah motor tanpa menggunakan perseneling atau perpindahan gigi. Sebagian besar produsen motor sudah memiliki teknologi motor scooter matic ini.
MESIN ENCHANCED SMART POWER (eSP)
Enchanced Smart Power yaitu peningkatan daya tahan, halus serta lebih bertenaga. eSP merupakan teknologi mesin terbaru dari Honda yang dirancang untuk menghasilkan perfoma tinggi dengan efisiensi bahan bakar yang lebih baik serta mengurangi emisi bahan bakar yang ramah lingkungan.
[caption caption="Enchanced Smart Power (eSP) Gambar www.welovehonda.com"]
[/caption]
Komponen eSP terdiri dari
- ACG Starter yaitu teknologi canggih yang membuat mesin hidup/nyala lebih halus tanpa suara sekaligus mendukung fungsi fitur ISS ( Idling Stop System ).
- Tumble kegunaannya dapat menyebarkan bahan bakar secara merata yang menghasilkan pembakara yang lebih baik dan dapat mengurangi emisi bahan bakar
- Squish dapat menghasilan pengapian lebih baik dan pembakaran lebih cepat
- Spinny Sleeve berupa tekstur berduri dinding silinder yang menjaga bentuk lingkaran sempurna sehingga dapat mengurangi distorsi dan kerusakan akibat gesekan lainnya.
- Roller Type Rocker Arm dengan menggunakan Shell-Type Needle Bearing sebagai poros sehingga dapat mengurangi gesekan dan mengurangi beban pegas katup
- Offset Cylinder untuk mengurangi gesekan antara piston dan silinder dengan mengatur ulang posisi silinder dan crankshaf
(Sumber:www.welovehonda.com)
[caption caption="Komponen eSP Gambar www.welovehonda.com"]
[/caption]
Vario 150eSP dilengkapi dengan Idling Stop System (ISS) dan Combi Break System (CBS)
[caption caption="Tombol Idling Stop System Gambar world.honda.com"]
[/caption]