Lihat ke Halaman Asli

Best Prestice

Diperbarui: 28 Januari 2023   12:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Peningkatkan Keterampilan Menulis Teks Anekdot dengan menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media canva pada Peserta Didik Kelas X

Lokasi    : SMKN 1 Pemalang

Penulis  : Arum Widyaningtyas, S.Pd.

Tanggal : Aksi 2 PPL PPG 12 Januari 2023

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah sebagai berikut.

  • Guru kurang menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik
  • Guru belum mengunakan media pembelajaran
  • Peserta didik masih kesulitan membedakan teks anekdot dengan teks humor
  • Peserta didik masih kesulitan dalam menuangkan ide dalam tulisan
  • Guru belum menerapkan pembelajaran inovatif dan kreatif
  • Peserta didik masih kurang fokus dalam proses pembelajaran

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?

  • Waktu yang berbarengan dengan kegiatan sekolah, kepanitiaan kegiatan, PPL teman jurusan lain, dll.
  • Penyesuaian jam mengajar dan jadwal PPL yang akan dilaksanakan.
  • Sarana dan prasarana yang kurang merata di semua ruang kelas sehingga secara bergilir menggunakan ruangan dengan perlengkapan yang lengkap.
  • Peserta didik yang cenderung bosan dengan pola pembelajaran yang konvensional dan guru dituntut lebih kreatif dan inovatif.

Berdasarkan tantangan tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi guru terkait dengan kompetensinya yakni kemampuan pedagogik dan profesional sedangkan dari peserta didik yakni motivasi belajar.

Dalam mencapai tujuan pada praktik pembelajaran inovatif ada beberapa pihak yang terlibat adalah ...

  • Peserta didik sebagai komponen utama dalam proses pembelajaran (X TKJT 3)
  • Guru sebagai fasilitator, pengajar, sekaligus pendidik.
  • Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing dan korektor dalam pelaksanaan praktik pembelajaran.
  • Siswa jurusan TJKT  3 sebagai juru kamera pengambilan dokumentasi foto dan video selama praktik pembelajaran berlangsung.

Berdasarkan tantangan yang dihadapi guru,langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu:

  • Guru memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik
  • Guru mencari kajian literatur yang mendukung sehingga mendapatkan solusi dari permasalahan yang dihadapi. Kajian literatur bisa didapat dari buku-buku yang relevan ataupun dari jaringan internet.
  • Setelah mendapat alternatif solusi kemudian guru memutuskan menggunakan metode Project Based Learning (PJBL) dengan berbantuan media canva pada keterampilan menulis teks anekdot.

Strategi yang Digunakan 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline