Lihat ke Halaman Asli

Arul 33

Mahasiswa

Faktor Penentu Tranformasi Digital Bisnis bagi UMKM

Diperbarui: 17 Maret 2024   18:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.liputan6.com/tekno/read/5198321/esb-hadirkan-solusi-pebisnis-kuliner-untuk-go-digital

Pada kesempatan kali ini, saya akan memaparkan bagaiamana pentingnya digital bisnis bagi pelaku umkm.

Transformasi digital atau transformasi digital adalah  perubahan cara kerja yang lebih efektif dan efisien dengan menggunakan teknologi informasi. Transformasi digital juga dipahami sebagai proses perubahan yang berwawasan ke  depan (irreversible change) berdasarkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara ekstensif untuk menciptakan nilai tambah bagi organisasi dan perusahaan. Transformasi ini mencakup penggunaan teknologi seperti analisis data, kecerdasan buatan, komputasi awan, Internet of Things (IoT), dan otomatisasi proses untuk meningkatkan efisiensi, inovasi, dan daya saing.

 Transformasi digital juga merupakan peluang untuk merespons perubahan sosial secara fleksibel.Transformasi digital ditentukan oleh beberapa indikator, diantaranya yaitu:

Adopsi Teknologi: Tingkat adopsi teknologi digital seperti komputasi awan, Internet of Things (IoT), kecerdasan buatan (AI), analisis data, dan otomatisasi proses merupakan indikator utama untuk Kemajuan dalam me transformasi digital.

Peningkatan produktivitas: Peningkatan  produktivitas karyawan, proses bisnis, dan penggunaan sumber daya lainnya menunjukkan bahwa transformasi digital telah berhasil meningkatkan efisiensi perusahaan.

Meningkatkan pengalaman pelanggan: Perubahan positif dalam pengalaman pelanggan, seperti peningkatan kepuasan pelanggan, retensi pelanggan, dan loyalitas merek, adalah kunci keberhasilan dalam menggunakan teknologi digital untuk melayani pelanggan Anda dengan lebih baik.

Integrasi rantai pasokan: Tingkat integrasi dan kolaborasi dengan mitra rantai pasokan melalui platform digital dan peningkatan efisiensi  manajemen rantai pasokan merupakan indikator keberhasilan penggunaan teknologi digital untuk meningkatkan kinerja rantai pasokan.

Keamanan dan Kepatuhan: Perhatian terhadap keamanan data dan privasi pelanggan, serta kepatuhan terhadap peraturan dan standar industri yang relevan, merupakan aspek utama transformasi digital. Metrik seperti insiden keamanan data dan tingkat kepatuhan  memberikan wawasan tentang apakah perusahaan siap menghadapi tantangan keamanan digital.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline