Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Bunda Mengenali Perkembangan Kognitif pada Anak

Diperbarui: 17 Juni 2024   13:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Bunda, mungkin sebagian dari orang tua saat ini sudah memiliki gaya parenting tersendiri untuk membersamai tumbuh kembang si kecil. Tak sedikit juga video edukasi dimedia sosial yang mengajak bagaimana bunda untuk mendukung pola perkembangan anak. Namun ternyata masih banyak juga ibu diluar sana yang beranggapan bahwa semua pelajaran yang didapatkan anak akan mereka terima ketika memasuki usia sekolah. Faktanya anak juga membutuhkan rangsangan untuk mengembangkan kemampuan kognitif mereka, yang mana hal ini akan menjadi penunjang bagi mereka untuk mempersiapkan diri dalam menerima pembelajaran dijenjang selanjutnya.

Jadi, apasih perkembangan kognitif itu? Perkembangan kognitif menurut Piaget adalah kegiatan seorang anak bagaimana ia beradaptasi dan menginterpretasikan obyek serta kejadian-kejadian yang terjadi di sekitar dirinya. Dapat diambil kesimpulan dari pernyatan Piaget mengenai perkembangan kognitif ini, perkembangan kognitif ini merupakan keterampilan anak dalam berpikir, termasuk juga bagaimana cara dia memperhatikan, mengingat, mengumpulkan informasi, mengambil keputusan, hingga memecahkan masalah. Nah bunda, kemampuan anak pada aspek kognitif ini juga terbagi dalam beberapa tahapan-tahapan yang harus kita ketahui. Mengapa? Agar nantinya kita dapat memberikan stimulus yang tepat untuk menunjang perkembangan tersebut.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk merangsang perkembangan kognitif pada anak? Tentu ada banyak sekali macam kegiatan yang bisa kita gunakan untuk merangsang perkembangan kognitif pada anak. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, bahwa saat ini akan dengan mudah kita jumpai edukasi atau pembelajaran berupa video, blog, dan lain-lain yang mampu mrmbantu kita untuk memberikan stimulus pada anak. Beberapa cara yang bisa dilakukan oleh bunda melalui aktivitas sederhana dirumah adalah dengan aktivitas bernyanyi, mengidentifikasi suara, belajar alfabet, belajar berhitung, belajar bentuk dan warna, membacakan buku, bermain pura-pura dan lain-lain.

Jadi bunda, paparan diatas hanya merupakan gambaran kecil mengenai perkembangan kognitif AUD, oleh karena itu sebagai orang tua kita harus lebih banyak mendalami dan ingin tahu tentang bagaimana perkembangan anak kita, cara menstimulasi perkembangan tersebut dan lain sebagainya.

NAMA                                    : MAR'ATUS SHOLIKHAH

NIM                                        : 230105110030

TUGAS MK                          : Perkembangan Kognitif AUD

DOSEN PENGAMPU        : Ibu Rikza Azharona Susanti ,M.Pd




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline