Lihat ke Halaman Asli

Jufri ...

Saya suka menulis lepas

Tips Meningkatkan Harga Jual Rumah

Diperbarui: 18 Juni 2015   09:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Apakah Anda menunggu harga real estate naik dan bersiap untuk menjual dengan harga yang pantas? Padahal banyak sekali hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan value rumah Anda.

Mempercantik rumah biasanya membutuhkan biaya, tapi ada juga yang tidak membutuhkannya, mereka yang pengalaman bilang kalau menaikkan value sebuah rumah hanya membutuhkan kurang dari 10 juta yang diinvestasikan. Bahkan Anda bisa mengurangi budget di atas, yaitu di bawah 10 juta.

Kuncinya adalah fokus kepada satu yang menurut Anda penting untuk pembeli. Rumah Anda mungkin butuh genting baru, pipa, listrik dan sistem kebersihan, tapi ini tidak akan menaikkan value rumah Anda karena calon pembeli berpikir kalau rumah yang baik tidak membutuhkan daftar di atas. Dengan kata lain, bila bermasalah dengan ini, maka akan menurunkan value rumah Anda.

Caranya adalah dengan mencat rumah Anda dengan warna modern dan tentunya enak dilihat. Karena calon pembeli berpikir kalau rumah Anda bersih dan selalu diperbaharui. Melakukan hal ini akan terlihat rumah Anda selalu dirawat. Pastikan tidak ada kayu yang rapuh di rumah Anda dan jagalah garasi Anda tetap rapi.

Jantung sebuah rumah adalah dapur. Mengubah dapur akan memberi value lebih, tak perlu bermewah-mewah agar dilihat tetangga, tapi haruslah sesuai dengan budget yang dikeluarkan.

Bila rumah Anda hanya memiliki satu kamar mandi, berpikirlah untuk menambah satu lagi. Bisa di loteng atau di basement. Menambah kamar mandi memang membutuhkan biaya, tapi investasi sebesar itu akan kembali ketika rumah Anda laku.

Bangun kolam renang dan pusaran air tidak akan menambah value rumah, tentu saja ini akan makin sulit dijual. Karena perawatan kolam renang tidak murah dan hanya orang yang kelebihan uang yang mau rumahnya ada kolam renang.

Yang terakhir, memasang sola system untuk pengganti energi listrik juga sangat membantu. Pembeil akan melihat Anda sebagai orang yang hemat energi dan ini akan menjadi nilai tambah.

Gimana? Siap untuk jual rumah Anda? :) Yuk jual properti Anda di Rumah.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline