Lihat ke Halaman Asli

Jufri ...

Saya suka menulis lepas

Memanfaatkan Berbagai Media untuk Menemukan Rumah Dijual

Diperbarui: 18 Juni 2015   05:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Rumah menjadi salah satu kebutuhan utama bagi setiap keluarga. Banyak keluarga yang berburu rumah, baik rumah baru maupun rumah yang sudah pernah dihuni. Mereka mengandalkan berbagai media untuk menemukan rumah dijual yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

Informasi Rumah Di Berbagai Media

Cara yang paling sederhana untuk menemukan rumah yang dijual adalah dengan memanfaatkan pertemanan. Dari teman ke teman biasanya informasi mengenai rumah dijual dapat diperoleh. Cara ini terkadang cukup membantu untuk menemukan rumah impian. Karena unsur pertemanan pula bisa jadi Anda dapat menawar harga rumah atau mengatur jangka waktu pembayarannya dengan lebih lunak. Sayangnya, cara ini memiliki lingkup yang terbatas apalagi jika jumlah teman yang Anda miliki tidak banyak.

Nah, jika informasi mengenai rumah yang dijual dari teman ke teman sulit diperoleh, manfaatkanlah media-media yang ada. Ada begitu banyak media yang menyajikan informasi mengenai rumah-rumah yang dijual. Media-media nasional seperti Kompas, Jawa Pos dan beberapa media sejenis lainnya bahkan menyediakan kolom-kolom khusus yang menampilkan iklan-iklan rumah dijual. Anda bisa memanfaatkan media cetak ini untuk menemukan rumah idaman keluarga.

Dalam media-media cetak tersebut, umumnya iklan-iklan rumah yang dijual di kelompokkan berdasarkan kategori harga dan juga berdasarkan wilayahnya. Jadi, jika Anda mencari rumah yang sesuai dengan anggaran masuklah ke dalam kategori rumah dijual dari rentang harga tertentu yang sesuai dengan anggaran. Misalnya saja kelompok rumah di atas 500 juta, kelompok rumah di bawah 300 juta dan pengelompokkan berdasarkan rentang harga lainnya. Pengelompokkan ini tentunya sangat memudahkan keluarga-keluarga yang sedang mencari hunian dengan memanfaatkan media cetak.

Selain memanfaatkan media cetak, pencarian rumah yang dijual juga bisa dengan mengandalkan teknologi internet. Saat ini ada begitu banyak situs-situs yang secara khusus menampilkan iklan-iklan rumah dijual. Pada situs-situs ini Anda bisa menemukan dengan mudah rumah-rumah yang dijual. Sama seperti di media cetak, pengelompokan rumah-rumah yang dijual biasanya berdasarkan rentang harga. Misalnya saja rumah harga 200 juta hingga 500 juta, rumah harga di atas 500 juta dan seterusnya.

Selain pengelompokkan berdasarkan harga rumah, untuk mempercepat pencarian situs-situs penjualan rumah biasanya juga menyediakan fasilitas pencarian atau search. Manfaatkanlah fasilitas pencarian atau search yang terdapat hampir di setiap situs yang berupa kotak kecil dengan ikon kaca pembesar di bagian ujungnya. Ketikkan kata kunci pencarian rumah pada kotak pencarian atau search agar segera ditampilkan iklan-iklan yang sesuai dengan kata kunci yang Anda masukkan.

Nah, dengan memanfaatkan media cetak dan internet inilah, Anda bisa menemukan begitu banyak referensi rumah dijual. Pencarian rumah dengan memanfaatkan media-media informasi ini membuat setiap keluarga memiliki banyak pilihan rumah yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan mereka.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline