Lihat ke Halaman Asli

Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 1 Klaten Mulai Menggeliat

Diperbarui: 28 Mei 2023   22:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) biasanya identik dengan membaca. Membaca adalah salah satu kemampuan berbahasa siswa selain menyimak, berbicara dan menulis. Tentunya banyak manfaat yang didapatkan dari membaca, salah satunya adalah ilmu pengetahuan. Sayangnya, di zaman yang semakin maju dalam teknologi ini kemampuan siswa dalam membaca masih rendah. Untuk itu di SMP Negeri 1 Klaten membuat program literasi sekolah yang diadakan setiap hari Sabtu. 

Kegiatan literasi sekolah ini dimulai sejak bulan Januari 2023. Kegiatan ini tentunya disambut hangat oleh siswa. Hal ini dibuktikan dengan antusiasme siswa dalam membawa dan membaca buku baik fiksi maupun nonfiksi. Kegiatan yang berlangsung mulai dari jam 07.00-07.30 tidak hanya membaca saja, tetapi siswa juga diminta untuk menuliskan berapa halaman yang dibacanya lalu menuliskan ringkasannya dalam buku jurnal literasi membaca yang telah dipersiapkan sebelumnya. 

Buku jurnal literasi membaca ini boleh dibawa pulang siswa dan pada hari Sabtu akan ditandatangani oleh setiap wali kelas. Wali kelas dapat mengontrol kegiatan literasi ini. Setiap tiga bulan buku jurnal literasi akan dikumpulkan dan dinilai oleh tim penilai. 

Nantinya siswa yang paling rajin membaca buku akan mendapatkan hadiah dari pihak sekolah. Pemberian hadiah dilakukan saat upacara bendera, disaksikan oleh semua warga sekolah. Hal ini juga bertujuan untuk menambah motivasi siswa dalam berliterasi. Tentunya kegiatan ini tidak akan berjalan dengan lancar tanpa adanya dukungan dari kepala sekolah, guru, wali kelas, orang tua wali siswa, dan siswa. Dengan adanya kegiatan literasi sekolah ini diharapkan akan menumbuhkan kecintaan siswa dalam membaca. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline