Lihat ke Halaman Asli

Langkah Inovatif Pengembangan Alat Penyiraman Otomatis sebagai Pendukung Produktifitas Kebun Toga RW 03 Medokan Semampir

Diperbarui: 9 Juni 2024   11:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber pribadi

Surabaya, 7 Juni 2024 -Inovasi Teknologi Alat Penyiraman Otomatis oleh Mahasiswa KKN NR 04 Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Non Reguler 04 kelompok 4 Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, yang terdiri dari Arsy Ghinaa Mumtazah,bersama  teman- temannya Bambang Suryo Utomo dan Nur Kholid Aziz, telah mengambil langkah inovatif dengan mengembangkan teknologi alat penyiraman otomatis. Upaya ini ditujukan untuk meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan Kebun Toga, dengan tujuan utama mengoptimalkan penggunaan air dan meningkatkan produktivitas tanaman secara signifikan.

Teknologi yang dikembangkan ini memanfaatkan sensor kelembaban tanah yang terhubung dengan sistem penyiraman otomatis. Sistem tersebut dirancang untuk menyiram tanaman secara otomatis hanya ketika kelembaban tanah turun di bawah ambang batas yang telah ditetapkan. Inovasi ini tidak hanya berfungsi untuk menghemat air secara signifikan, tetapi juga memastikan bahwa tanaman mendapatkan air sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan demikian, kesehatan dan produktivitas tanaman dapat meningkat secara optimal.

“Kami sangat antusias dengan pengembangan teknologi ini di Kebun Toga,” ungkap Bapak Soehartojo, Ketua RW 03 Medokan Semampir. “Selain mengurangi beban kerja pengurus kebun, teknologi alat penyiraman otomatis ini juga membawa manfaat besar dalam penggunaan air yang lebih efisien dan meningkatkan hasil panen kami.”

Manfaat dari teknologi ini tidak hanya terbatas pada penghematan air dan peningkatan produktivitas. Pengembangan teknologi ini juga dianggap sebagai langkah maju dalam penerapan teknologi dalam pengelolaan Kebun Toga. Hal ini menunjukkan komitmen mahasiswa KKN NR 4 Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya untuk terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terkini demi meningkatkan kualitas dan efisiensi perkebunan.

Pengembangan teknologi alat penyiraman otomatis ini adalah bukti nyata bahwa kolaborasi antara inovasi teknologi dan pertanian dapat menghasilkan solusi yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat. Dengan terus mengembangkan dan mengadopsi teknologi terkini, Kebun Toga dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi kesehatan masyarakat RW 03 Medokan Semampir.

Inovasi ini mencerminkan upaya berkelanjutan untuk menerapkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam sektor pertanian perkotaan. Melalui pengembangan teknologi ini, mahasiswa KKN NR 04 tidak hanya berkontribusi pada peningkatan efisiensi dan produktivitas pertanian, tetapi juga mendorong penggunaan sumber daya yang lebih bijak dan berkelanjutan, yang pada akhirnya akan memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat sekitar.

#UntagSurabaya #KitaUntagSurabaya

#UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoCampus

#Kampuskompeten




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline