Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Armand

TERVERIFIKASI

Universitas Sultan Hasanuddin

Nakalnya Juru Kamera PLN

Diperbarui: 25 Juni 2015   03:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13408757091431117632

[caption id="attachment_197551" align="aligncenter" width="500" caption="Ilustrasi/Admin (Shutterstock)"][/caption]
Judulnya singkat begitu. Soft article ini minim manfaat. Kalau tak tertarik, stop baca. Bila tertantang rasa penasaran. Teruskan sajalah bacanya...!. Lagian ini hanyalah berita yang kerap terjadi kok. Sebuah penegasan peristiwa berulang dalam urus-mengurus penambahan daya listrik. Sentilan sentilun terhadap kelakuan petugas lapangan pencatat meteran yang berkamera digital itu. Shoot... jadi deh datanya. Ini yang saya maksud juru kamera PLN. Yang kerjanya shoot dan memotret digit pemakaian listrik kita, per bulannya.

Juru kamera ini berfungsi ganda, selain mencatat meteran listrik, dia juga melayani jasa tambahan daya di rumah Anda. Dia sendiri mengisahkan perilaku uniknya ini -tentu saja mantan Dirut PLN, Dahlan Iskan tak tau- kepada saya. Rasanya saya ingin deh dengan tawaran petugas lapangan ini. Hahahaha. Wow, ia berpromosi, tetangga di kompleksku (ia sambil menunjuk sebuah rumah), pemiliknya pernah meterannya dirakit dan melompatlah daya gedor listriknya dari 2.200 watt menjadi 4.400 watt.

Kalau nambah daya lewat PLN (legal), ongkosnya Rp.1.000.000 (Satu Juta Rupiah), tetapi jika lewat dia, hanya Rp.400.000 (empat ratus ribu rupiah). Hummmm, perbedaan harga yang signifikan. Syaratnya, pelanggan tidak melaporkan dan petugaspun tidak bilang-bilang. Ahay, kerjasama yang apik. "Bagaimana kalau ada operasi listrik dari PLN?", tanyaku "Ah, gak mungkin Bang, orang PLN jarang sekali operasi listrik", katanya. "Nah, kalau urusan tagihan tunggakan dan pencabutan aliran listrik, itu rajin Bang", sambungnya cukup meyakinkan.

"Trus uangnya diserahkan ke PLN yah?", tanyaku pura-pura. "Kalau lewat PLN Bang, ribet, harus masukkan surat, belum tentu cepat dilayani. Petugas lapangan juga sering malas-malasan", ungkapnya berkaca-kaca. "Saya orang kecil Bang, hanya cara ini saya bisa hidupi anak istri", keluhnya.

* * *

Cara kerja dia efisien, cukup merakit meteran dan mengganti Miniature Breaker Circuit. Pengakuannya, merakit meteran tak sampai 30 menit, selesai. Piawai dan terampil banget dia. Ah saya salah sangka selama ini, saya menuduh jauh seringnya mati lampu disebabkan mesin induk rusak, turbin tak bisa bekerja maksimal karena debit air menurun. Ah, rupanya kerusakan itu terjadi pada mentalitas petugas lapangan dan juga pelanggan PLN. Nakal kamu....!!!.

Sebaiknya jika ada Kompasianer melakukan ini, segeralah "menyucikan" meteran milik negara ini di rumah kita sebelum memasuki bulan suci ramadhan, kasihan lampu-lampu itu kita pakai menerangi ibadah buka puasa, sahur, bertadarruz. Puasa kita pasti batal dan tiada gunanya. Kita mulai dari hal kecil yuk untuk jujur, sebab menambah daya listrik dengan cara illegal adalah aktifitas pencurian dan tindak kriminal sejati, sekalipun PLN takkan tahu^^^.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline