Lihat ke Halaman Asli

Arswinda Mei

Mahasiswa Peternakan Undip 2017

Peternakan adalah Ladang Cuan oleh Mahasiswi KKN Tim II Undip

Diperbarui: 7 Agustus 2020   18:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

(7/8) Ampel gading, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang -- Dunia peternakan yang dianggap sepele dan kurang berperan dalam era new normal ternyata memiliki segudang potensi, Mahasiswi KKN Undip Tim II 2020 mengajak masyarakat dan anak-anak Dusun Ampel gading untuk melakukan sosialisasi dan edukasi terkait dunia peternakan; susu dan biosecurity.

Mahasiswi KKN Undip TIm II 2020, Arswinda Mei Indrajati membuat bimbel dan edukasi terkait dunia peternakan kepada warga masyarakat khususnya anak-anak RT 03/RW 06 Dusun Ampel gading Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. 

Dok. pribadi

Sosialisasi dan edukasi dilakukan selama beberapa kali dengan beberapa target usia yaitu ibu-ibu rumah tangga dan anak-anak sekolah dasar. Sosialisasi terkait biosecurity dilakukan denga cara memutarkan video singkat terkait materi kemudian dilanjutkan dengan pemaparan singkat. Diajarkan bagaimana cara membuat biosecurity sederhana yang dapat diterappkan dalam kehidupan sehari-hari terutama pada masa krisis COvid seperti sekarang yaitu dengan membuat Handsainitaizer sederhana yang sesuai dengan perintah WHO. Dibagikan juga sejumlah masker kain yang bersifat reuseable. 

Dok. pribadi

Selain tentang biosecurity, dilakukan juga edukasi mengenai susu dan 1001 manfaatnya kepada anak-anak sekolah dasar. Susu merupakan produk peternakan yang sangat bermanfaat untuk membentuk antibodi atau imunitas tubuh. Susu mudah didapatkan dan harganya terjangkau namun karena rendahnya pengetahuan masyarakat membuat susu kurang diminati untuk dikonsumsi. Setelah memutarkan video singkat terkait dunia sapi perah, anak-anak diberikan waktu untuk diskusi dan dilanjutkan dengan mewarnai gambar sapi. Diakhir acara, mahasiswi membagikan susu secara gratis sebagai bentuk reward kepada partisiapn.

Dok. pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline