Lihat ke Halaman Asli

Abahna Gibran

Penulis dan Pembaca

Demi Harta Kekayaan Rela Menjadi Abdi Siluman

Diperbarui: 27 Januari 2018   22:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi (You Tube)

Sambungan dari: Teror Siluman Pesugihan yang Meresahkan

Teror siluman yang mengganggu Mang Junaedi tiernyata tidak berhenti sampai pada malam itu saja. malam-malam berikutnya gangguan siluman yang tak nampak dengan kasat mata, tetapi akibat perbuatannya dapat dirasakan seluruh warga, nyata adanya.

Pada malam kedua, beberapa orang warga yang kebetulan mendapat tugas ronda malam, sebagian tidak berada di pos Kamling. Oleh Kepala Desa mereka ditugaskan untuk berjaga-jaga di sekitar rumah Mang Junaedi.

Di saat mulai beranjak menuju tengah malam, menurut kesaksian para ronda malam yang berjaga di dekat halaman rumah Mang Junedi, secara mendadak angin tiba-tiba bertiup kencang, dan berputar seperti angin puting beliung. Seluruh pepohonan di sekitar meliuk-liuk sepertinya akan tumbang. Tak lama kemudian muncul bunyi derap kaki kuda yang terdengar semakin mendekat ke arah mereka. Hanya saja tak seorangpun dari mereka yang melihat wujudnya.

Para peronda yang berjaga itupun dilanda ketakutan, tentu saja. Akan tetapi salah seorang di antaranya masih sempat menabuh kentongan yang dibawanya. Dan warga di sekitar pun keluar dari rumah masing-masing, menuju ke arah rumah Mang Junaedi. Sehingga suasana pun seperti pada malam pertama terjadinya peristiwa itu.

Hanya saja meskipun semua orang mengucap takbir, tahmd, dan tahlil, juga sebagian lagi secara bersama-sama mengaji surah Yaasiin di dalam rumah Mang Junaedi, gangguan siluman itu sepertinya tak juga berhenti. Rumah dan tanah di sekitarnya bergoyang-goyang seperti dilanda gempa. Sementara suara derap kaki kuda pun terus terdengar seperti sedang mengitari rumah tetangga kami tersebut. Sedangkan menurut Mang Junaedi, terdengar pula suara yang memanggil-manggil namanya. Menyuruhnya supaya keluar dari dalam rumah dengan segera. Tapi suara panggilan itu sama sekali tidak terdengar oleh orang lain yang berada di sana.

Gangguan itu baru berhenti ketika mulai terdengar kokok ayam jantan yang bersahutan. Dan selama hampir dua minggu, gangguan siluman itu terus-menerus datang setiap malam. Sehingga ketika memasuki malam ketiga, Kepala Desa pun memerintahkan warga untuk bergantian saja dalam menjaga Mang Junaedi dengan keluarganya.  Pertimbangan Kepala Desa supaya aktivitas warga tidak terganggu. Malahan selanjutnya tidak warga kampung kami saja, warga kampung sebelah pun banyak juga yang datang ikut menjaga. Dengan dibarengi rasa penasaran, tentu saja.

Oleh karena itu, untuk memastikan apa sebenarnya yang terjadi terhadap keluarga Mang Junaedi selama ini, beberapa orang warga berinisiatif mendatangi orang pintar. Kemudian menurut orang pintar itu, beberap orang warga yang memiliki keberanian lebih untuk diminta untuk bersembunyi di bawah tangga rumah panggung Mang Junaedi bilamana akan muncul gangguan itu. Hanya saja syaratnya orang-orang itu harus mau bertelanjang bulat, tanpa mengenakan kain sehelaipun di tubuhnya. Konon katanya agar bisa melihat wujud dari siluman yang membuat teror ketakutan terhadap Mang Junaedi, dan tentunya terhadap warga kampung kami selama ini.

Maka ketika malam telah tiba, tiga orang yang bertelanjang bulat itu pun bersembunyi di bawah tangga rumah. Sementara warga yang lainnya tidak lagi berkerumun di sekitar, melainkan mengambil tempat tersembunyi untuk mengintip apa yang bakal terjadi kemudian.

Seperti malam-malam sebelumnya, diawali dengan munculnya angin yang bertiup kencang, kemudian disusul oleh suara derap kaki kuda yang mendekati rumah Mang Junaedi, maka tiga orang yang bersembunyi di bawah tangga itu pun kemudian, katanya, secara bersama-sama bisa melihat wujud dari siluman pengganggu itu.

Sebagaimana yang diceritakan mereka kemudian, tampak di depan mereka  beberapa orang bertubuh tinggi dengan pakaian seperti dalam kisah pewayangan, dan berwajah seram, menggandeng seseorang yang tidak asing lagi bagi mereka. Setelah turun dari kuda yang ditungganginya, mereka menghampiri pintu depan rumah Mang Junaedi seraya memanggil-manggil nama pemilik rumah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline