Lihat ke Halaman Asli

Proses Menuju Canada dalam Live-in Caregivers Program (LCP)

Diperbarui: 24 Juni 2015   06:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13820450921513475144

[caption id="attachment_285752" align="aligncenter" width="576" caption="maple by lexy"][/caption]

Tulisan ini saya buat karena banyaknya pertanyaan-pertanyaan dari teman-teman saya yang pingin mengadu keberuntungannya di Canada. Pertanyaan seputar bagaimana saya mendapatkan job disana sampai proses untuk mengajukan visa di kedutaan sampai selesai.

Terus terang saya mungkin beruntung di banding teman-temanku yang lain yang mempunyai tujuan yang sama. Saya mendapatkan visa tanpa interview dengan Kedutaan Canada .

Baiklah saya coba ceritakan urut-urutanannya :

Pertama saya siapkan document-document saya seperti Ijazah terakhir (Min SMA/Sederajat), Akte Kelahiran, Kartu Keluarga dan Certifikat kursus lainnya ( Bahasa Inggris ) , Certificate First Aid/CPR , dan Passport tentunya. Photo atau dokumentasi lainnya yang membuktikan kalau anda sesuai dengan job yang ditawarkan ( seperti photo anda dan anak asuh anda dll ) . Dan pastikan kalau semua data seperti penulisan nama, tanggal lahir SAMA . Dan yang perlu di ingat anda tidak pernah memalsukan biodata anda yang akan berakibat fatal dalam pengajuan visa kerja anda di Kedutaan Canada .

Note : Tidak berlaku untuk ijazah kejar paket C ( mungkin bisa berubah tergantung sama kebijakan pemerintah Canada ) .

Document diatas digunakan untuk melamar job di Canada baik secara langsung atau melalui agent penyalur .

Saya sarankan untuk mencari job langsung yang di pajang di website resminya Pemerintah Canada disini http://www.jobbank.gc.ca atau melalui agency di Canada untuk meminimalkan biaya proses kita. Lamaran kerja bisa kita kirim dengan system online.

Anda akan diminta interviews langsung dengan calon majikan anda melalui telephone ataupun webcam .

Well , karena saya menggunakan jasa agent yang di Canada langsung , mereka membantu memproses kontrak kerja saya. Setelah saya tanda tangani kontrak kerja dan majikan juga , mereka akan mengirimkan kontrak kerja tersebut ke Depnakernya Canada . Dan proses menunggu kalau kontrak kerja kita disetujui oleh pihak Depnaker Canada atau tidak , kurang lebih sebulan dan bisa lebih. Waktu menunggu ini saya gunakan untuk memberitahu atau menyodorkan notice pengunduran diri/ pemutusan kontrak kerja kepada majikan Hong Kong. Agar supaya kita tetap bisa mendapatkan hak atas ticket pesawat yang harus dibayarkan oleh majikan . Dan tak lupa untuk meminta Reference Letter dari majikan yang juga akan menjadi document penting dalam pengajuan applikasi visa kerja kita .

Setelah kontrak kerja kita di setujui oleh Depnaker Canada dan document tersebut disebut dengan LMO ( Labour Market Opinion ), kita bisa balik ke Indonesia. Setelah dapat LMO dan sebelum pulang ke Indonesia JANGAN LUPA untuk membuat Police Clearance/SKCK Hong Kong . Jika LMO anda belum turun dan waktu di Hong Kong tidak terjangkau karena sesuatu hal ( semisal visa kerja habis ) , saya sarankan untuk membuat BANK DRAFT yang akan anda gunakan untuk membuat Hong Kong Police Clearance melalui mail/pos sewaktu anda di luar Hong Kong. Mengingat susahnya mencari bank di Indonesia yang mau mengeluarkan Bank draft untuk hal ini . Untuk lebih jelas tentang pembuatannya check di website resminya http://www.police.gov.hk/ppp_en/11_useful_info/cert_no_crime.html dan SIMPAN tanda bukti pembuataannya untuk dilampirkan bersama document lain sewaktu anda mengajukan visa kerja anda.

Kenapa tidak proses di Hong Kong saja dan kenapa harus di Indonesia ? Jawabannya karena proses tunggu di kedutaan Canada di Hong Kong itu lebih lama di bandingkan dengan proses di Indonesia . Tidak percaya ?? Check di sini http://www.cic.gc.ca/english/information/times/temp/workers.asp .

Tapi itu semua terserah anda .

Sesampainya di Indonesia , anda harus segera mencari SKCK yang dimulai dari meminta surat pengantar dari Kantor Desa ( tergantung peraturan di daerah masing-masing) dan surat ijin keluarga yang menjelaskan kalau anda dapat ijin dari keluarga untuk bekerja ke luar negeri , di lanjutkan ke Polsek setempat (Rp.10.000) kebetulan saya dapat gratisan dan di teruskan ke Polres untuk membuat formula sidik jari (Rp.10.000) dan gratis lagi buat saya hehehe. Dan terakhir di Polda (Rp.10.000) akhirnya bayar juga :D

Note : Di setiap kantor anda harus mengisi formulir dengan benar.

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan semua document yang kita perlukan untuk mengajukan aplikasi visa kerja kita ke VFS entah itu asli atau copy-an . Catatan ; Harap photo copy passport berwarna 2 lembar untuk kepentingan medical nantinya .

Tempat untuk apply visa kerja di ;

Plaza Asia lt.22 , zone B , Jl.Jenderal Soedirman, Kav-59 Jakarta.

Lokasi 5 menit jalan kaki dari busway Gelora Bung Karno .

Keterangan lengkapnya di link ini http:///www.vfs-ca-id.com/contactus.html .

Document yang di perlukan sebagai berikut ;

1. Passport

2. Photocopies of your passport

3. Senior high school certificate

4. Birth Certificate

5. First Aid certificate

6. Family Card

7. Police Certificate

8. Hong Kong Contract

9. Reference Letter from Employer in Hong Kong

10. Canada Job Contract

11. Labour Market Opinion

12. IMM 5645

13. IMM 1295

14. IMM 5257

15. IMM 5476

16. IMM 5488

17. 2 PHOTO

18. $150.00 CANADIAN DOLLARS ( dalam bentuk Bank draft ) + biaya administrasi sekitar Rp.200 an ribu .

Untuk document-document yang berawalan IMM anda dapat download formulir tersebut di website resminya http://www.cic.gc.ca/english/information/applications/index.asp .

Untuk IMM1295 setelah anda isi formulir dengan benar anda harus mem-VALIDATE-nya dan akan muncul barcode symbol disitu.

Kalau anda belum punya certifikat First Aid, silahkan cari di Palang Merah Indonesia yang menyediakan pelatihan tersebut. Saya sendiri mengambil pelatihan tersebut di PMI Cab Solo selama sehari dengan biaya Rp.300.000,- ( biaya bisa berubah ).

Documents anda lengkap silahkan langsung submit ke VFS . Setelah itu anda harus standby kalau sewaktu-waktu ada panggilan buat interview atau medical dari Kedutaan Canada .

Dalam masa tunggu setelah submit document anda jangan lupa untuk belajar dalam mempersiapkan interview yang berkutat di CPR/First Aid.

Dari pengalaman teman-teman saya dan saya sendiri, dari waktu submit ke interview kurang lebih satu bulan masa tunggu.

Ingat interview dan kelengkapan document anda adalah kunci utama untuk mendapatkan VISA KERJA .

Kedutaan Canada akan memberitahukan atau merekomendasikan tempat medical yang telah mereka tunjuk . Dan biaya untuk medical bervariasi tergantung tempatnya . Medical saya di Jakarta dengan biaya +/- Rp800.000,-

So Good Luck !!

Kalau visa kerja sudah didapat , tinggal tunggu di beliin ticket sama majikan anda .

Setelah sampai di Airport Canada anda akan ditanya oleh Imigrasi dan jangan sampai anda menjawab kalau anda harus membayar agency karena hal ini bisa membatalkan tujuan anda ke Canada!!

And See You Soon in Canada .

Lexy Ma hanya ingin berbagi karena tidak menginginkan anda di charges oleh PJTKI yang biaya itu cukup untuk membeli Mobil Murah Program dari Pemerintah.

Dengan harapan bisa bermanfaat bagi anda semua .

Finished at Manila International Airport Philippines on my flight to Canada.

2013 October 2013

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline