Lihat ke Halaman Asli

Watak Asli Perempuan Sulit Dideteksi

Diperbarui: 14 Juni 2024   20:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar toonme.com

Psikologi

Penulis :Arsiana Maria Fun

WATAK ASLI PEREMPUAN SULIT DIDETEKSI


PSIKOLOG dari Amerika berhasil menebak kepribadian 123 orang yang belum dikenalnya hanya dengan melihat foto. Tapi tebakannya banyak meleset ketika harus menilai kepribadian perempuan. Penyebabnya perempuan sering mengubah trennya sehingga watak asli susah terdeteksi dari foto.

Dalam penelitian yang dilakukannya, peneliti melihat seluruh foto dari 123 orang yang belum pernah ditemui sebelumnya. Dalam foto tersebut dilihat pose yang terkontrol dengan ekspresi wajah netral atau secara alami. Akurasi dari penilaian ini diukur dengan membandingkan secara keseluruhan penampilan foto tersebut.

Para peneliti melihat secara akurat beberapa ciri kepribadian umum dari orang yang difoto tersebut termasuk mengenai sikap peduli terhadap sekitar serta kepercayaan dirinya.

Ketika melihat ekspresi alami seperti senyum enerjik atau suatu sikap tertentu, peneliti bisa menilai 9 dari 10 karakter kepribadian yang ada.

Karakter tersebut adalah sikap

peduli, keramahan, hati nurani, kestabilan emosi, keterbukaan, kemampuan untuk disukai orang lain, kepercayaan diri, kesepian, keimanannya serta orientasi politiknya.

"Jika Anda ingin orang lain menilai sebagai individu yang hangat dan ramah, maka Anda harus membuat pose dimana Anda tersenyum atau berdiri dengan gaya yang santai. Karena dengan begitu orang bisa menilai kita sebagai pribadi yang bisa membuat orang lain nyaman atau tenang," saran Laura Naumann, seorang psikolog dari Sam Gosling of The University of Texas, di Austin, AS, seperti dikutip dari ScienceDaily, Rabu (11/11).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline