Saat Anda masuk ke sebuah toko, anda dihadapkan dengan ribuan barang yang anda mungkin membeli. Karena sumber keuangan anda terbatas, bagaimanapun, anda tidak dapat membeli semua yang anda inginkan. Oleh karena itu anda mempertimbangkan harga berbagai barang yang ditawarkan untuk dijual dan membeli seikat barang yang diberikan kepada anda sumber daya, paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda.
Ketika seorang konsumen membeli lebih dari satu barang, dia mampu membeli lebih sedikit barang lainnya. Ketika dia menghabiskan lebih banyak waktu untuk menikmati waktu senggang dan lebih sedikit waktu untuk bekerja, dia memiliki pendapatan yang lebih rendah dan konsumsi yang lebih rendah. Ketika dia menghabiskan lebih banyak dari penghasilannya saat ini dan menabung lebih sedikit, dia mengurangi jumlah yang dia miliki dapat dikonsumsi di masa mendatang. Teori pilihan konsumen mengkaji bagaimana konsumen menghadapi trade-off ini membuat keputusan dan bagaimana mereka menanggapinya perubahan di lingkungan mereka. Setelah mengembangkan teori dasar pilihan konsumen, kami menerapkannya pada tiga pertanyaan tentang keputusan rumah tangga. Secara khusus, kami bertanya:
* Apakah semua kurva permintaan miring ke bawah?
* Bagaimana upah mempengaruhi penawaran tenaga kerja?
* Bagaimana suku bunga mempengaruhi tabungan rumah tangga?
Apa Konsumen Mampu?
Kebanyakan orang ingin meningkatkan kuantitas atau kualitas barang yang mereka konsumsi---berlibur lebih lama, mengendarai mobil yang lebih mewah, atau makan di restoran yang lebih baik. Orang mengkonsumsi lebih sedikit dari yang mereka inginkan karena pengeluaran mereka dibatasi, atau dibatasi, oleh pendapatan mereka. Kami memulai studi kami tentang pilihan konsumen dengan memeriksa ini keterkaitan antara pendapatan dan pengeluaran.
Apa yang Diinginkan Konsumen
Mewakili Preferensi dengan Kurva Indiferensi Preferensi konsumen memungkinkannya untuk memilih di antara kumpulan pizza yang berbeda dan Pepsi. Jika Anda menawarkan dua bundel berbeda kepada konsumen, dia akan memilih bundel yang paling sesuai dengan seleranya. Jika kedua bundel itu cocok dengan seleranya, kata kami bahwa konsumen acuh tak acuh antara dua bundel. Sama seperti kami telah merepresentasikan kendala anggaran konsumen secara grafis, kami juga dapat mewakili preferensinya secara grafis. Kami melakukan ini dengan ketidakpedulian kurva. Kurva indiferen menunjukkan berbagai bundel konsumsi yang membuat konsumen sama-sama bahagia. Dalam hal ini, kurva indiferen menunjukkan kombinasi pizza dan Pepsi yang membuat konsumen sama-sama puas. Kemiringan di setiap titik pada kurva indiferen sama dengan laju di mana konsumen bersedia mengganti satu barang dengan barang lainnya. Tingkat ini disebut tingkat substitusi marjinal (MRS).
Empat Sifat Kurva Indiferen
Karena kurva indiferen mewakili preferensi konsumen, mereka pasti memilikinya properti yang mencerminkan preferensi tersebut. Di sini kita mempertimbangkan empat sifat itu menggambarkan sebagian besar kurva indiferen :
- Sifat 1: Kurva indiferen yang lebih tinggi lebih disukai daripada yang lebih rendah
- Sifat 2: Kurva indiferen miring ke bawah.
- Sifat 3: Kurva indiferen tidak berpotongan.
- Sifat 4: Kurva indiferen membungkuk ke dalam