Lihat ke Halaman Asli

Persaudaraan dalam Komunitas

Diperbarui: 23 Februari 2023   09:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menjaga Persaudaraan (Sumber: twochums.com)

            Adanya persaudaraan dalam hidup berkomunitas maupun dalam lingkungan masyarakat ialah berawal dari relasi atau berintraksi satu dengan yang lain.Sebab manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri ,karena manusia tidak bisa berintraksi atau hidup sendiri tanpa bantuan dari orang lain.dan kekuranggan dalam peribadi manusia tidak bisa disempurnakan oleh diri sendiri melainkan bantuan dari orang lain.

Dan hasi dari relasi inilah akan membuat tali persaudaraan akan menjadi kuat atau menjadi erat.Dan juga dapat menciptakan hidup rukun ,damai dan penuh dengan sukacita.Kemudian manfaat dari persaudaraan inilah yang akan bisa menghilankan pikiran yang  mau menghancurkan diri sendiri dan orang lain.

Memang  dalam hubungan persaudaraan pasti ada yang  dikatakan perselisian ,karen di setiap manusia pasti mempunyai individu yang berbeda.Dari perbedaan individu inilah akan menciptakan konflik dalam hubungan persaudaraan.Karena  masing-masing manusia pasti mempertahankan keperibadiannya atau kebenaran dalam dirinya . 

Dari situlah akan muncul perbedaan pendapat ,perbedaan pendapat  inilah yang akan menciptakan konflik.Dan hubungan persaudaraan akan menjadi ancur atau pecah.Dan masalah akan menumbulkan secara  face to face maupun berkelompok ,maka dari situ juga akan muncul gosip ,gosip inilah yang akan menciptakan yang nyata menjadi tidak nyata,sedangkan yang tidak nyata menjadi nyata.

Maka yang terjadi adalah saling fitnah sehingga muncul hidup kelompok dan tidak ada jiwa bergabubg  atau membaur dengan orang lain.maka hubungan persaudaraan akan hancur dan hidup bakti tidak membanggun dan rasa persaudaraan tidak ada di setiap peribadi manusia.

Akan tetapi cara untuk mengatasi konflik ini ialah , berusaha untuk relasi  dan terbuka kepada sahabat ,atau yang dianggap saudara.supaya pikiran dan rencana negatif yang ada dalam diri bisa di hilangkan atau bisa dilupakan.Karena dari keterbukaan itu pasti orang yang mendengar apa yang kita ucapkan, pasti  ia memberi motivasi atau solusi yang baik agar kita menghindari dari masalah yang kita hadapi.sebab ia menganggap kita sebagai saudara,dan merasa belaskasihan kepada kita.

Kemudian berusaha untuk menerima teguran dan  saran  dari orang yang menganggap kita sebagai saudara maupun orang lain.Karena sering kali kita sebagai manusia menganggap diri  sebagai orang  baik,sehingga apa yang dilakukan akan kelihatan baik oleh diri sendiri.Akan tetapi di mata orang lain,perbuatan yang kita lakukan kadang kurang baik .

Dari situlah orang yang menganggap kita sebagai saudara,sahabat dan orang yang peduli terhadap kita.Akan menegur dan mengingatkan kita untuk jangan diulangi lagi agar kita bisa berubah.Walaupun perbuatan kita baik menurut diri kita sendiri, akan tetapi di mata orang lain tidak mungkin mereka memandang baik.oleh karena itu berusah untuk menerima teguran dari orang lain. karena itu akan bermanfaat bagi diri kita ,yang menjadi orang terbaik serta hubungan persaudaraan akan erat dan hidup tidak akan merasa kesepiaan, sehingga pikiran negatif akan hindar dari hidup kita.

#Arsen Berfin

#Anak Manggarai




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline