Lihat ke Halaman Asli

Eric AuliaArsand

Universitas Mercu Buana

Cost-Volume-Profit Analysis

Diperbarui: 17 Mei 2023   11:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.istockphoto.com/id/vektor/desain-datar-dengan-orang-orang-cvp-akronim-laba-volume-biaya-gm1319741104-406515301Input sumber gambar

Kali ini saya ingin mencontohkan sebuah analisis untuk sebuah perusahaan UMKM (usaha mikro kecil menengah) yang menjual produk buatan tangan yaitu gelas keramik. Analisis bisnis tersebut terdiri dari:

1. Cost-Volume-Profit (CVP)

2. Sensitivity Analysis

3. Margin of Safety

4. Target profit

Berikut adalah contoh analisis tersebut dalam sebuah proposal bisnis:

CV. Keramik Jaya merupakan sebuah perusahaan di bidang pembuatan hand craft berupa gelas keramik. Dikarenakan perusahaan ini tergolong baru berdiri selama 1 tahun, maka untuk karyawannya ada 5. Yaitu 2 karyawan bagian produksi dan 1 karyawan adalah bagian logistik. Gelas keramik tersebut dijual seharga Rp. 45,000 per unit. Untuk penghitungan CVP, sensitivity analysis, margin of safety, dan target profit adalah sebagai berikut:

1. Cost-Volume-Profit (CVP)

Untuk menentukan CVP maka kita harus mengetahui fixed cost dan variable costnya terlebih dahulu seperti di bawah ini:

Fixed cost:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline