Lihat ke Halaman Asli

Eric AuliaArsand

Universitas Mercu Buana

SWOT dan BCG Matrix dalam Usaha Rokok

Diperbarui: 21 Maret 2023   16:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

http://www.cigarettemanufacturingmachines.com/Image caption

Dalam setiap bisnis yang akan dibangun oleh seorang pemilik bisnis pemula maupun seorang pembisnis yang sudah profesioal yang ingin mengembangkan bisnis atau produknya, maka wawasan yang detail mengenai produk yang akan dijual tersebut. 

Untuk mengetahui kekuatan maupun kekurangan produk ataupun perusahaan, pemilik bisnis harus mempelajari dengan cara mengaplikasikan beberapa analisa-analisa serta evaluasi bisnis terlebih dahulu sebelum dapat memasarkan produknya di pasar. Oleh sebab itu, untuk memahami mengenai bisnis yang akan dibangun lebih lanjut, maka membutuhkan analisa-analisa seperti SWOT maupun evaluasi bisnis seperti BCG (Boston Consulting Group) matrix. Untuk lebih mudahnya apa kedua hal tersebut,dalam tulisan kali ini saya ingin memberikan contohnya dalam sebuah proposal bisnis mengenai kedua analisis tersebut.

Kali ini saya akan mencontohkan suatu bentuk analisa yang tertuang dalam proposal bisnis secara singkat untuk memudahkan pembaca dalam memahami mengenai analisa SWOT dan BCG matrix yang tertuang dalam sebuah contoh proposal bisnis. Dalam contoh proposal bisnis ini, saya akan mencontohkan untuk membangun sebuah usaha dagang di bidang rokok. Berikut adalah contoh proposal bisnis tersebut:

                   Proposal Usaha Rokok

CV. Makmur Terus


I. Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Menggeluti sebuah usaha di bidang rokok bukanlah suatu hal yang rumit dan sulit mengingat cara pembuatannya yang simpel dan mudah jika dibandingkan dengan produk-produk lainnya. Usaha di bidang rokok tersebut merupakan usaha yang tidak membutuhkan terlalu banyak modal terutama apabila kita dapat memulainya dari kecil dahulu serta mengembangkannya perlahan-lahan agar menjadi besar. 

Selain itu dengan beberapa rekan yang telah bekerja lama di bidang perkebunan tembakau dan cengkeh di area Jawa Tengah, serta memerkerjakan beberapa SDM yang telah berpengalaman dan handal dalam pembuatan rokok, kita tidak perlu khawatir lagi untuk dapat mengembangkan usaha dagang ini.

Dengan riset terkait dengan konsumen rokok yang semakin tahun semakin naik, maka usaha rokok merupakan sebuah usaha yang tidak akan ada habisnya. Dengan permintaan dari pasar untuk berbagai varian rokok, maka kami berencana untuk membuat dua varian rokok yaitu SKT maupun SKM sesuai dengan target pasarnya masing-masing. Atas dasar ini, tentunya usaha di bidang rokok adalah suatu usaha yang menjanjikan di masa ini maupun di masa depan. 

1.2 Alasan Memilih Usaha

1. Usaha yang tidak ada habisnya sampai masa depan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline