Lihat ke Halaman Asli

Eric AuliaArsand

Universitas Mercu Buana

Analisis SWOT

Diperbarui: 28 Februari 2023   15:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ketika sebuah perusahaan menjalankan bisnisnya, banyak sekali pertimbangan dan ide-ide yang harus diketahui dan disadari. Dari hal-hal yang mencakup internal sampai hal-hal eksternal harus dipahami dan dipelajari oleh sebuah perusahaan. Untuk memudahkan sebuah perusahaan dalam mencapai tujuannya, maka sebuah analisa harus dilakukan yang dapat memudahkan sebuah perusahaan mencapai tujuan bisnisnya. Tanpa adanya analisis-analisis tertentu, sebuah perusahaan akan kesulitan mencapai tujuannya dalam berbisnis, dan dengan mudah untuk dikalahkan kompetitor-kompetitornya. Oleh sebab itu, ada sebuah analisis yang sudah umum digunakan di perusahaan-perusahaan yang disebut dengan analisis SWOT. 

Analisis SWOT dicetuskan pertama kali oleh Albert Humphrey sekitar tahun 1970 an yang merupakan analisis yang digunakan untuk mengevaluasi peluang dan ancaman di lingkungan bisnis serta kekuatan dan kelemahan yang dapat dianalisis dalam sebuah internal perusahaan. SWOT digunakan untuk dapat menganalisa kekuatan, kelamahan, kesempatan dan ancaman yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Sesuai dengan singkatan dari SWOT adalah Strenght (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang) dan Threats (ancaman). Penelitian ini dapat dilakukan dengan metode wawancara serta kuesioner pada seorang manajer atau staf marketing pada sebuah perusahaan serta kepada konsumen. Hasilnya lalu dapat dianalisa secara SWOT. SWOT juga merupakan alat yang biasa digunakan oleh sebuah perusahaan untuk membuat sebuah keputusan yang sesuai dengan kondisi internal maupun eksternal. 

Analisis SWOT sering dianggap sebagai kajian makro sebab dapat memberi kesan apakah suatu tujuan perusahaan dapat dicapai atau tidak. Analisis ini dapat mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kompetitif sebuah perusahaan.  Analisis SWOT sesuai dengan pembagaiannya dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Strength (kekuatan) 

Berarti memahami kekuatan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Seperti kelebihan-kelebihan produk atau layanan yang dimiliki dari segi kualitas, harga, ketahanan, dsb.

2. Weakness (kelemahan)

Merupakan sebuah kelemahan yang dimiliki sebuah perusahaan apabila dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Seperti kekurangan-kekurangan produk atau layanan yang dimiliki dalam segi kualitas, harga, ketahanan dsb.

3. Opportunity (peluang)

Merupakan peluang yang dimiliki sebuah perusahaan terhadap produk dan layanan yang dimiliki. Seperti peluang konsumen di sebuah pasar tertentu, target pasarnya seperti apa, waktu yang tepat seperti apa dll.

4. Threats ( ancaman)

Ancaman merupakan sebuah analisis yang menghambat sebuah perusahaan dalam mencapai tujuan. Sebagai contoh adalah adanya kompetitor di pasar, produk yang kurang adaptif terhadap trend apabila trendnya sudah habis masanya dll.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline