Satuan Audit internal (SAI) Universitas Telkom menyelenggarakan Pelatihan Auditor Internal SAI pada ISO / IEC 20000: 2018 yang dimaksudkan menetapkan persyaratan bagi organisasi untuk menerapkan, memelihara, dan terus meningkatkan sistem manajemen layanan atau service management system (SMS).
Kegiatan tersebut berlangsung, pada Kamis dan jum'at (7-8/9) di Gedung Learning Center Universitas Telkom dengan fasilitator yang berasal dari BSI. Output-nya adalah mencetak auditor internal yang handal untuk membantu SAI di Universitas Telkom. Kegiatan tersebut diikuti oleh 25 peserta yang sebagian besar berasal dari unit-unit internal universitas Telkom.
Pada pembukaan acara, yang langsung dihadiri oleh Dir.SUV Dr. Z K Abdurahman Baizal, mengatakan bahwa untuk membangun budaya dan layanan yang baik kita tidak hanya melaksanakan tetapi juga kita harus bisa melihat, mendengar, dan merasakan proses pembangunan kualitas budaya dan jasa layanan tersebut. Bahkan kita bisa melihat apakah teamwork kita sudah berjalan dengan baik atau belum. Lebih lanjut beliau mengatakan
adapun tujuan SAI yaitu memelihara dan meningkatkan layanan Perguruan Tinggi secara berkelanjutan (continuous improvement), yang dijalankan oleh Perguruan Tinggi secara internal untuk memenuhi Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT), mewujudkan visi dan misi Perguruan Tinggi, serta memenuhi kebutuhan stakeholders melalui penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi.
ISO / IEC 20000: 2018 mengacu pada layanan dalam lingkup service management system (SMS), yang mengelola dan memberikan layanan kepada pelanggan. Organisasi dalam lingkup SMS dapat menjadi bagian dari organisasi yang lebih besar yang mengelola dan memberikan layanan kepada pelanggan internal atau eksternal juga dapat dikenal sebagai penyedia layanan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H