A. Aliran Filsafat Pendidikan
1. Aliran Progresivisme
Ia berpendapat bahwa pengetahuan yang benar pada masa dini belum tentu benar pada pengetahuan masa mendatang. Pendidikan tersebut memang berpusat kepada anak, bukan kepada guru, ataupun pada bidang lainnya.
Tujuannya yaitu, pendidikan harus memberikan keterampilan dan alat-alat yang bermanfaat untuk dapat berinteraksi dengan lingkungan disekitarnya.
Sifat-sifatnya yaitu :
a. Negatif : menolak autoritarisme dan absolutisme dalam segala bentuk, seperti halnya dalam agama, politik, etika, dan epistemologi.
b. Positif : menaruh kepercayaan terhadap kekuatan alamiah dari manusia, maksudnya kekuatan-kekuatan yang diwarisi oleh manusia sejak lahir.
2. Aliran Esensialisme
Yaitu sebuah aliran pendidikan yang berdasarkan nilai kebudayaan yang sudah sejak awal sejak peradaban manusia. Aliran ini memandang pendidikan yang harus berpijak pada nilai-nilai yang memiliki kejelasan.
Tujuannya membentuk kepribadian di dunia hakikat. Pendidikan yang mencakup aliran ini diantaranya ilmu pengetahuan, kesenian, dan segala hal yang mampu menggerakkan kehendaknya.
3. Aliran Perenialisme