Lihat ke Halaman Asli

ARIF R. SALEH

TERVERIFIKASI

SSM

4 Cara Keren Guru dan Orang Tua Mengapresiasi Hasil Belajar Anak

Diperbarui: 13 Desember 2023   00:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi anak belajar didampingi orangtua | sumber: shutterstock

Pada saatnya anak menempuh jenjang pendidikan. Mulai dari jenjang PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) hingga PT (Perguruan Tinggi).

Lewat lembaga pendidikan anak belajar tentang ilmu pengetahuan dan teknologi. Semua yang mereka pelajari ada di kurikulum yang sekarang di tingkat satuan pendidikan dinamakan KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan).

Untuk mengukur hasil belajar, anak diberikan tugas dalam bentuk penilaian hasil belajar. Di Kurikulum Merdeka penilaian berbentuk tes formatif dan tes sumatif.

Guru wajib melakukan evaluasi hasil belajar sesuai dengan tupoksi utama guru. Apakah guru sebatas menilai? Tentu akan lebih bermakna jika memberi catatan terhadap hasil belajar anak.

Lantas, bagaimana peran orang tua dalam mengikuti perkembangan belajar anak? Maka orang tua selain ikut aktif membimbing belajar anak, juga mempunyai peran penting untuk mengapresiasi hasil belajar anak.

Sumber: Dokumentasi Pribadi dan Rancangan Sendiri lewat Canva

Manfaat apresiasi hasil belajar anak di antaranya dapat meningkatkan motivasi belajar, pengembangan bakat dan minat, menciptakan hubungan sosial yang baik, pengembangan keterampilan dan nilai-nilai budaya positif.

Cara mengapresiasi hasil belajar anak sudah terbiasa dilakukan oleh sebagian guru dan orang tua. Biasanya melalui pesan lisan positif semisal "hasil yang keren", "engkau hebat", "nilaimu luar biasa" dan lainnya.

Selain lewat lisan yang disampaikan secara lagsung ke anak, ada 4 cara keren bagi guru dan orang tua dalam mengapresiasi hasil belajar anak, yaitu:

Pertama, Menuliskan Catatan Positif Nilai.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline