Lihat ke Halaman Asli

ARIF R. SALEH

TERVERIFIKASI

SSM

Cerita Khong Guan Kaleng Merah di Hari Lebaran

Diperbarui: 20 April 2023   11:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: screenshot/instagram.com/khongguan_biscuits

Nama Khong Guan pasti sudah melekat dengan tradisi Hari Raya. Tepatnya di Hari Raya Idul Fitri. Tradisi yang menghadirkan kebersamaan keluarga dalam merayakan hari kemenangan.

Di Indonesia, Khong Guan melalui PT Khong Guan Biscuit Factory Indonesia Ltd. memproduksi beberapa varian kue seperti Marie Susu, Malkist Rasa Abon, Kukis Keju, Malkist Crackers dan lainnya. Namun yang paling populer di masyarakat Indonesia dan melegenda adalah Khong Guan Kaleng Merah (Khong Guan Red Assorted Biscuits).

Kehadiran produk Khong Guan di Hari Raya Idul Fitri mampu menghadirkan sejuta cerita, khusunya kaleng merah. Menjadi oleh-oleh yang membahagiakan keluarga.

Dahulu, Khong Guan Kaleng Merah oleh masyarakat pedesaan khususnya, hanya boleh dibuka tepat di saat Hari Raya. Wafernya nan renyah dan lezat menjadi rebutan, khususnya anak-anak zaman sebelum mengenal teknologi  internet.  

Khong Guan Kaleng Merah menjadi daya tarik tersendiri. Mulai dari gambar keluarga rambut pirang, hingga mengapa gambarnya hanya menghadirkan seorang ibu dan kedua anaknya.

Bukan itu saja, Khong Guan Kaleng Merah yang telah kosong isinya, masih menghadirkan cerita lanjutan. Menimbulkan berita "hoax di hampir segala zaman" dengan menghadirkan wujud lain saat dibuka isi kalengnya.

Jangan kaget jika menemukan krupuk atau kripik di Khong Guan Kaleng Merah. Jangan marah jika rengginang dan wujud makanan ringan lokal lainnya menggantikan posisi biskuit legendaris di Khong Guan Kaleng Merah.   

Berbicara dan bercerita Khong Guan khususnya kaleng merah, kenangan kebersamaan dengan keluarga saat Hari Raya Idul Fitri pasti bermunculan. Mengenang yang telah tiada. Menghadirkan kembali senyum bahagia saat tawa dan canda di Hari Raya Idul Fitri.

Dikutip dari laman kompas.com, Khong Guan didirikan oleh kakak adik asal Fujian, China, yakni Chew Choo Keng dan Chew Choo Han. Dalam Google Translate, Khong Guan berasal dari bahasa mandarin "kong guan" yang berarti kaleng atau stoples kosong.

Demikian kisah dan keunikan Khong Guan Kaleng Merah. Ikon yang hadir di saat Hari Raya Idul Fitri. Membersamai keluarga dalam merayakan hari kemenangan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline