Lihat ke Halaman Asli

ARIF R. SALEH

TERVERIFIKASI

SSM

Khadijah: Kisah Cinta Rasulullah, Salam dari Allah, dan Sorban Malaikat Jibril

Diperbarui: 4 Mei 2021   00:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Ummul Mukminin. Sumber: Pezibear on Pixabay.com

Silsilah Khadijah binti Khuwailid

Khadijah, nama lengkapnya Khadijah binti Khuwailid bin Asad bin Abdul Uzza bin Qushai adalah  istri pertama Nabi Muhammad SAW. Lahir dan besar dari suku Quraisy.

Suku Quraisy adalah orang-orang yang menetap dan berpengaruh di Kota Makkah. Kota yang terletak di tengah-tengah antara Syam di utara dan Yaman di selatan.

Pedagang Quraisy memegang peran penting sebagai pedagang perantara Kota Syam dan Yaman. Kota Syam sebagai pusat perdagangan, terhubung dengan Laut Tengah dan Eropa. Sementara Kota Yaman, merupakan pusat perdagangan yang terhubung ke India dan Tiongkok.

Ketika musim panas, para pedagang Quraisy pergi berdagang ke Syam dan di musim dingin mereka berdagang ke Yaman.

Pola kegiatan dan peran penting Kota Makkah di bidang perdagangan mendatangkan kemakmuran dan kekayaan berlimpah bagi pedagang Quraisy.

Salah satu pedagang kaya dari suku Quraisy adalah Khadijah, anak perempuan dari Khuwailid bin Asad dan Fatimah binti Za'idah.  Khadijah mengubah bisnis keluarga menjadi sebuah kerajaan dagang setelah ayahnya meninggal dalam pertempuran.

Kerajaan dagang Khadijah bahkan digambarkan mencapai 2/3 kekayaan penduduk Kota Makkah. Sungguh kedudukan duniawi yang tak semua orang dan khususnya wanita mampu mencapainya.

Kisah Cinta dengan Rasulullah

Dalam banyak kisah, diriwayatkan Khadijah lebih dulu jatuh cinta dengan Rasulullah. Umur Khadijah yang 40 tahun dan Rasulullah 25 tahun tak menghalangi kisah cinta mereka.

Dikutip dari buku "Menjadi Sahabat Nabi Muhammad di Abad 21" karya Muhammad Al-Khaimi menyimpulkan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah pria berpostur sedang, berkulit putih agak kemerah-merahan.

Sedangkan rambut beliau hitam, tidak lurus, dan tidak juga keriting. Jidat beliau lebar. Kedua mata nabi hitam, dan bulu matanya panjang. Hidung beliau lurus, tidak besar dan juga tidak berlekuk.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline