Lihat ke Halaman Asli

Arrazzaaq 28

Mahasiswa

Kampus Mengajar 4 SDN Samudra Jaya 01 Literasi dan Numerasi

Diperbarui: 22 Desember 2022   20:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kampus Mengajar di SDN Samudra Jaya 01 Jl Kampung Kramat Kel Samudra Jaya Kec Tarumajaya Kab Bekasi.

Dalam hal ini peserta didik selama Covid 19 sangat mempengaruhi penurunan kualitas pembelajaran disekolah. Pemerintah mengadakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka sangat membantu bagi dunia pendidikan khususnya di SDN Samudra Jaya 01. 

Dengan adanya Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka kami mahasiswa/mahasiswi berbagai macam perguruan tinggi mengikuti rangkaian kegiatan Kampus Mengajar angkatan ke 4 berjumlah 6 orang yang diadakan oleh pemerintah kementrian pendidikan dan kebudayaan yang berguna bagi dunia pendidikan upaya meningkatkan literasi dan numerik serta profil Pancasila yang saat ini digunakan sesuai perbaruan kurikulum yaitu kurikulum merdeka. Kampus mengajar memberikan dampak bagi sekolah di SDN Samudra Jaya 01.

Terimakasih dengan adanya Kepala sekolah, guru, serta peserta didik di SDN Samudra Jaya 01 sangat terbuka mengenai program yang ada disekolah mengikuti kurikulum merdeka dan kurikulum tiga belas. Dalam hal ini kurikulum merdeka sangat baru diSDN Samudra Jaya 01 dikelas 1 dan 4. Oleh sebab itu sekolah mengadakan profil Pancasila dikelas 1 yaitu berkebun. Berkebun adalah proses suatu penanaman pupuk, bibit serta menyiram tanaman dengan benar dan tepat. Kemudian tujuan berkebun agar menanamkan jiwa pertanian sejak usia dini, menanamkan jiwa usaha (Jual beli) hasil berkebun tanaman, serta memanfaatkan tanah dan air yang sangat berguna bagi pertanian. 

Selain itu kelas 4 mengadakan kegiatan membatik. Membatik adalah suatu kerajinan tangan khas Indonesia yang merupakan budaya adat istiadat yang tidak boleh punah. Selanjutnya membatik bertujuan untuk menanamkan jiwa nasionalisme sejak usia dini, menanamkan keterampilan pada peserta didik, serta menanamkan jiwa usaha pada peserta didik.

Kampus mengajar memberikan dampak positif, mencerdaskan, memberikan inovasi, mengembangkan metode pembelajaran, meningkatkan pelatihan teknologi menggunakan media Power Point, meningkatkan jasmani, rohani, serta kebugaran, dan bersinergi bersama guru di SDN Samudra Jaya 01. Program Kerja Kampus Mengajar Angkatan 4 di SDN Samudra Jaya 01 yaitu:

  • Literasi: a.Membaca pada sebelum pembelajaran dimulai, b. Belajar membaca menggunakan buku ejaan, kemudian yang sudah bisa membaca dengan lancar dengan buku cerita, c. Kegiatan Mendongeng, d. Pembelajaran menganalisis diperpustakaan, d. Pembelajaran menganalisis diSaung, e. Pohon Literasi, f. Mading Kelas, g. Menceritakan Kembali/Bercerita didepan kelas
  • Numerasi: a. Memberikan soal dipapan tulis, kemudia peserta didik menjawab pertanyaan, b. Memberikan Kuis, c. Menggunakan Kardus, d. Menggunakan Ular Tangga
  • Diluar pembelajaran mahasiswa/mahasiswi mengadakan kegiatan apotek hidup, taman, senam, cerdas  cermat, siswa prestasi, kebersihan, hiasan kelas, Pelatihan Media Power Point, menggunakan laptop dengan benar bagi peserta didik kelas 5, Movie time, Pelatihan Pupuk Organik Padat. Terimakasih kepada Dosen Pembimbing Lapangan, Kepala Sekolah, Guru Pamong, Guru, Operator sekolah yang mendukung dan support kegiatan Kampus mengajar 4 dengan lancar dan sukses demi memajukan sekolah dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. 

    Dokpri

    Dokpri

    Dokpri

    Dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline