Lihat ke Halaman Asli

arrad fahmi

Mahasiswa

"Pasirluyu Sehat" Dengan Pengolahan Daging ASUH

Diperbarui: 13 Agustus 2022   13:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pasirluyu, Bandung (28/07) -- Tim II KKN Universitas Diponegoro melaksanakan kegiatan Kuliah kerja Nyata di Kelurahan Pasirluyu, Kecematan Regol, Kota Bandung selama 45 hari. Salah satu program kerja yang diusulkan oleh mahasiswa merupakan penyuluhan mengenai menerapkan pengolahan daging ASUH dalam masa rawan PMK.
Penyakit mulut dan kuku (PMK) adalah penyakit infeksi virus yang bersifat akut dan sangat menular. Penyakit ini menyerang semua hewan berkuku belah atau genap, seperti sapi, kerbau, babi, kambing, domba.  Virus dapat bertahan lama di lingkungan, dan bertahan hidup di tulang, kelenjar, susu serta produk susu.Penyakit ini ditandai dengan adanya pembentukan vesikel atau lepuh dan erosi di sekitar mulut, lidah, gusi, nostril, puting, dan di kulit sekitar kuku, pincang dan bahkan kuku bisa terlepas, hipersalivasi, hewan lebih sering berbaring. Pada ternak potong  PMK menyebabkan penurunan bobot badan dan pada ternak perah terjadi penurunan produksi susu yang drastis.
PMK diketahui juga sebagai air borne disease karena sangat kecilnya virus ini mampu menyebar cepat dengan bantuan angin sampai ratusan kilometer. Penyakit mulut dan kuku tidak ditularkan ke manusia, sehingga daging dan susu aman untuk dikonsumsi. Namun daging dan susu sapi yang dikonsumsi harus dengan pengolahan yang sempurna. Pengolahan ini penting demi mematikan virus yang terdapat di dagingnya sehingga bisa diminimalisir masuk ke tubuh manusia. Ini yang harus dipahami masyarakat bahwa tidak perlu takut mengkonsumsi daging dan susu, tapi harus diperhatikan pengolahan daging dan susu dengan benar sehingga virus menjadi in aktif
Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro melakukan penyuluhan mengenai pengoalahan daging ASUH agar meningkatkan wawasan masyarakat akan pengolahan dan pemilihan daging secara sempurna agar meminimalisi virus masuk ke tubuh manusia atau menyebar ke lingkungan sekitar. Kegiatan Penyuluhan ini dilakukan oleh Arrad Fahmi Gautama Krisnadi yang merupakan mahasiswa jurusan S-1 Peternakan Universitas Diponegoro. kegiatan penyuluhan dilakukan dengan memberikan wawasan dan brosur kepada semua tingkatan masyarakat seperti Satpam, Ibu Rumah Tangga dan Masyarakat Sekitar.

Dokpri

Penulis : Arrad Fahmi Gautama Krisnadi
(Fakultas Peternakan dan Pertanian)
DPL : Setya Budi Muhammad Abduh, S.Pt., M.Sc., Ph.D
Lokasi KKN : Kelurahan Pasirluyu, Kecamatan Regol, Kota Bandung.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline