Samsat adalah singkatan dari Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap yaitu sistim yang dibentuk untuk memperlancar pelayanan kepentingan masyarakat yang kegiatannya diselenggarakan dalam satu gedung, yang didalamnya terdapat 3 (tiga) instansi yaitu Polri,Bapenda ( Badan Pendapatan Daerah ) dan PT Jasa Raharja. Kita pasti lah sudah mengetahui tupoksi ketiga instansi tersebut.
Tidak ada maksud untuk memojokkan institusi lain, tapi hal ini murni saya sampaikan agar teman-teman mengetahui kemudahan yang saya dapat ini, atau barangkali mungkin saya yang kurang up to date ya?
STNK mobil saya akan jatuh tempo tanggal 3 Maret 2022, untuk diwakilkan pengurusannya kepada suami katanya tidak bisa, harus orangnya langsung, padahal setahu saya semua sekarang sudah serba digital. Tapi ternyata hal itu tidak termasuk didalam sistim Pelayanan satu Pintu ( samsat ) yang ada dikota saya.
Kebetulan antara waktu mepet dengan waktu sibuk ( jatuh tempo tanggal 3 Maret 2022 ) bersamaan. Dan kebetulan pula hari itu adalah libur hari Raya Nyepi, hingga tanggal tersebut harus terlewat. sementara tanggal 4 Maret 2022 saya harus mendampingi anak ke kampusnya diluar kota untuk mengisi KRS. ( saat ini masih daring ) dan waktu pengurusan perpanjang STNK menjadi jatuh tanggal 5 Maret 2022
cerita pengalaman disaat berurusan dengan SAMSAT, khusus memperpanjang STNK. Pertama yang harus kita lakukan adalah Foto copi KTP dan STNK, lalu kemudian mengisi formulir tentang data dan kepemilikan kendaraan kita.
Sesudahnya kita tanda tangani formulir dan berikan berkas ke pintu satu untuk memperoleh secarik kertas ( katanya pendaftaran ) yang petugas menuliskannya di Map berisi Formulir tadi. Next kita ke pintu 2, untuk memberikan map tersebut dan menunggu proses administrasi.
Nah.........selama menunggu inilah rasa ngantuk dan bosan bercampur menjadi satu. Belum lagi memikirkan pekerjaan yang lain yang tidak bisa diwakilkan. intinya untuk berurusan di SAMSAT harus meluangkan waktu sehari agar urusan sampai tuntas. Selang beberapa lama nama kitapun dipanggil kembali untuk pembayaran biaya (pajak) di loket Bank yang sudah ada di SAMSAT tersebut.
Disini juga perjuangan belum selesai, sebab kasir nya agak gemulai dan kurang gesit menurut saya, duduk ngantri diloket pembayaran inipun memakan waktu hitungan jam dan mengundang ngantuk.
Maka lengkaplah sudah penderitaan kita yang menunggu realisasi perpanjangan STNK . Nah ...... pengalaman tersebutlah yang sudah menjadikan saya trauma, saya jadi enggan berurusan kesana.
Tapi. ternyata saat ini ada pelayanan yang sangat simple, yaitu Pelayanan SAMSAT Propinsi, menggunakan Mobil dengan perangkat pelayanan untuk masyarakat.
Disana juga ada Bank yang mereka hunjuk untuk memperlancar proses pelayanan. Saya jadi malu. Kog saya baru lihat dan belum pernah menggunakan jasa ini? padahal ada didepan mata.