Lihat ke Halaman Asli

LK 3.1 Penyusunan Best Practice

Diperbarui: 9 Desember 2022   17:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Disusun oleh : Arnis asyunita. S.Pd

Lokasi : TK Pertiwi Tanjungan

Lingkup Pendidikan : Taman Kanak-kanak

Tujuan yang ingin dicapai : Penerapan metode proyek secara berkelompok dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak kelompok B khususnya dalam mematuhi tata tertib pembelajaran

Dalam permaslaahan ini dilatar belakangi dengan Ada beberapa peserta didik yang belum memahami tata tertib saat kegiatan belajar mengajar, seperti anak tersebut keluar kelas tidak ijin dengan bu guru sehingga kegiatan belajar menjadi kurang kondusif, ada anak yang masih berebut alat dan bahan saat kegiatan pembelajaran, selain itu guru kurang memotivasi anak dalam mentaati tata tertib, guru mengalami keterbatasan media yag menarik bagi anak dan pemahaman orangtua peserta didik tentang perkembangan anak sebagai tanggungjawab guru di sekolah. Sedangkan untuk pemahaman kedisiplinan anak dalam mentaati tata tertib juga perlu dukungan orangtua dirumah agar tercapai proses pembelajaran di sekolah.

Adapun tantangan dalam masalah ini diantaranya: kemampuan peserta didik yang belum mampu mentaati tata tertib di kegiatan pembelajaran, kurangnya media yang menarik oleh guru dalam menanamkan tata tertib pada peserta didik, kurangnya perhatian dan bimbingan dari orangtua. Yang terlibat dalam permasalahan ini yaitu kepala sekolah memberikan solusi kepada guru untuk mencari metode yang tepat dalam mengatasi permasalahan ini, guru perlu menerapkan metode pembelajaran yang menarik bagi anak dan penggunaan media yang lebih inovatif, orangtua perlu mendukung pemahaman tata tertib pada anak saat dirumah

Langkah-langkah yang dilakukan :

1. guru mendata peserta didik yang belum mampu memahami tata tertib

2. guru melaporkan hasil pengamatan kepada kepala sekolah peserta didik yang belum memahami tata tertib

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline