Lihat ke Halaman Asli

Arnold C.Turang

Bersama Merawat dan Pelihara Bumi Rumah Kita Dengan Bermartabat

Senduk, Puji BSIP Sulawesi Utara

Diperbarui: 18 Juli 2023   18:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Walikota Tomohon Caroll Senduk dan Ka. BSIP Sulut Ir. Agusalim,MP.

Tomohon, 19 Juli 2023.--- Walikota Tomohon Carol Senduk apresiasi BSIP Sulawesi Utara. Karena, BSIP terus mendampingi petani bunga, dengan kegiatan-kegiatan peningkatkan kompetensi para petani, kata Senduk.

Walikota hadir mengikuti acara kegiatan sosialisasi Standar Nasional Indonesia (SNI), bunga krisan Tomohon. Saat didaulat untuk memberikan sambutan dan arahan, beliau begitu senang. Karena semua pelaku usaha bunga, berkumpul  untuk menerima pembekalan dari BSIP Sulawesi Utara, tentang bunga Krisan yang terstandard.

Senduk menuturkan bahwa, pemerintah kota Tomohon, terus mendorong petani bunga dengan memberikan fasilitas-fasilitas pendukung produksi bunga. Beliau mencontohkan, saat ini BSIP hadir mendampingi dalam penerapan SNI bunga krisan, ada eksportir, Asbindo dan pihaknya telah menfasilitasi rumah lindung yang terstandar. Harapnya, fasilitas dan upaya itu, semua akan mengangkat para petani bunga hasilkan bunga yang sesuai standard dari kota Tomohon.

Wallikota Caroll Senduk saat melihat kesiapan Krisan untuk TIFF 2023

Walikota Senduk saat meninjau kesiapan tanaman Krisan untuk TIFF 2023 didampingi Kepala BSIP Sulawesi Utara (Agussalim), menyampaikan tugas dan fungsi BSIP Sulawesi Utara dalam pendampingan petani krisan di kota Tomohon. Tutur Agussalim, bahwa institusi yang beliau pimpin, sebelumnya sebagai penghasil teknologi spesifik lokasi, seperti krisan dan produk pertanian lainnya. Saat ini, institusinya mendorong petani untuk menerapkan Standar Nasional Indonesia dalam usaha taninya.

Terkait dengan krisan tutur Agus, bahwa: BSIP Sulut dan SDM nya akan terus mendampingi petani krisan di kota Tomohon. Tidak hanya hasilkan krisan untuk sukseskan Tomohon International Flowers Festifal (TIFF), tapi juga krisan yang terstandard untuk tujuan ekspor.

Dengan penerapan SNI pada bunga Krisan, akan menaikkan nilai jual dari krisan, sehingga pendapatan petani meningkat, imbuh Agus. 

Wali Kota Senduk, dalam kunjungan mendadaknya pada kegiatan Sosialisasi Sandard Nasional Indonesia (SNI) Krisan, dilanjutkan dengan melakukan kunjungan lapangan pada krisan yang disiapkan untuk TIFF.

Dalam kunjungan ini diikuti oleh Sekretaris Kota Tomohon, Anggota Dewan, Kadis Pertanian dan Perikanan, serta pemerintah kecamatan Tomohon Utara. (*Art)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline