Lihat ke Halaman Asli

Arnold Adoe

TERVERIFIKASI

Tukang Kayu Setengah Hati

Minim Stadion Ideal, Ini 3 Alasan Timnas Timor Leste Bisa Lebih Hebat dari Indonesia

Diperbarui: 29 Januari 2022   22:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Foto: Instagram/@gallyfreitas018)

Perhatikan bagaimana gaya Paulo Gali Freitas yang masih belia itu menggiring bola dengan begitu indah, mirip orang Brasil fasih memainkan jogo bonito, seperti individu yang memang lahir dan besar di lingkungan bola.

Timnas Timor Leste dipilih untuk menjadi lawan tanding bagi Timnas Indonesia di FIFA Matchday, dalam dua kali pertandingan. Di laga pertama, timnas Indonesia berhasil menang 4-1, melalui laga yang sebenarnya tak mudah bagi Evan Dimas dkk. Bahkan, Timor Leste sempat unggul 1-0 lebih dulu di parah babak pertama.

Timnas Timor Leste yang berjuluk Matahari Terbit ini memang tampil apik di babak pertama seiring penampilan skuad Garuda yang tak sempurna.

Gali Freitas dkk membuat lini pertahanan Indonesia kocar-kacir, beruntung tendangan penalti Timor Leste gagal, kalau tidak Indonesia bisa lebih sulit membalikkan keadaan.

Itulah yang membuat saya berpikir bahwa suat saat bisa saja Timnas Timor Leste bisa lebih hebat dari Indonesia, meskipun sarana prasarana mereka masih sangat jauh dibandingkan Indonesia.

Soal stadion misalnya. Dari jumlah stadion, maka hanya ada empat stadion sepakbola  di Timor Leste sana, dengan Stadion Estadio Municipal Dili atau Stadion Nasional Dili, menjadi stadion yang paling besar.

Bagaimana jumlah kapasitas penonton? Meski terus dibenahi, tapi berdasarkan data dari AseanFutbol, Timor Leste menjadi satu-satunya negara yang tidak mempunyai Stadion dengan kapasitas lebih dari 10 ribu kursi.

Memang dari data yang lain, missal dari Wikipedia dituliskan bahwa kapasitas Stadion Nasional adalah 13 ribu, tetapi mungkin ad acara menghitung yang berbeda.

Tapi bukan itu yang saya mau katakan. Ada perbandingan yang jomplang tentang jumlah stadion dan kapasitas yang memadai antara Indonesia dan Timor Leste. 

Jika, sebut saja Timor Leste punya satu stadion kapasitas di atas 10 ribu, maka Indonesia menurut data AseanFutbol memiiki 111 stadion.

Meski perbandingannya bisa disebut tidak apple to apple, karena seperti satu provinsi dengan puluhan provinsi, tapi yang saya mau katakan bahwa sarana adalah bagian integral dari pertumbuhan dan perkembangan iklim sepakbola yang sehat. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline