Lihat ke Halaman Asli

Arnold Adoe

TERVERIFIKASI

Tukang Kayu Setengah Hati

Mengapa Sule dan Andre Tak Lagi Lucu?

Diperbarui: 22 Juli 2020   06:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sule dan Andre Taulany I Gambar : [Youtube/TonightShowNet] via Suara.com

Tadi malam untuk pertama kali saya menonton penampilan Sule dan Andre Taulany di program baru mereka di salah satu stasiun televisi swasta. Kesan saya, Sule dan Andre tak lagi lucu, atau tak selucu, dan sesegar penampilan mereka di program-program yang terdahulu.

Hambar. Mungkin inilah kata yang cukup tepat menggambarkan apa yang saya nikmati. Ibarat makanan, kurang bumbu, garam dan sebagainya, meski mungkin yang tersaji tetap ayam goreng, cap cay, tetapi ya tetap tak berasa, hambar.

Saya lantas bertanya-tanya, mengapa mereka tak lagi lucu ya? Menurut saya, ada dua alasan. Pertama, mereka kehabisan materi atau memang tak memiliki tim kreatif yang sehebat dulu lagi. Ya, pelawak itu jika kehabisan materi, dan terlihat hendak memainkan materi yang itu-itu saja, ya terlihat monoton.

Padahal jika kita lihat, Sule dan Andre turun bisa dikatakan full team lah, sesudah Nunung juga diajak di program tersebt---meski Nunung juga entahlah mengapa akir-akhir ini cenderung tak aktif, alias hanya seperti memunculkan gimmick "menahan tawa" yang akhirnya juga menjadi tak lucu.

Unsur kebaruan memang dipandang penting dalam sebuah humor atau lelucon, tanpa itu penonton akan malas menyaksikan atau hanya akan bergumam "ah, ini kan sudah pernah", "ah, itu lagi, itu lagi".

Ini amat penting, jika gagal maka akan ambyar. Saya pernah membaca sebuah artikel yang membahas tentang buku yang ditulis Bergson berjudul An Essay on the Meaning of the Comic. Dalam tulisan tersebut ada sebuah kalimat menarik seperti ini.

"Seseorang tertawa karena terdapat sesuatu yang tidak diduga-duga atau tidak seharusnya demikian". Ada unsur keterkejutan dan keterbaruan di sana, dan artinya memang ada proses daya kreatif disana, bukan sekedar ekspresi tubuh.

Ini berarti menghadirkan unsur kreatif disini yang membuat keterkejutan-keterjekutan dalam materi yang lebih segar atau mengundang tawa tentu dirindukan oleh penggemar Sule dan Andre termasuk saya, namun masih belum terlihat.

Jika benar asumsi saya ini, maka Sule dan Andre bersama tim kreatifnya harus bekerja keras untuk mencarikan format materi baru yang membuat para penonton tak lagi bosan, dan akhirnya abai terhadap penampilan mereka berdua.

Materi adalah kunci. Gagal menghadirkan materi yang baru, dan hanya mengandalkan ekspresi tubuh seperti menari tak karu-karuan, apalagi menempel tepung terigu di wajah tidak akan berguna untuk mengundang tawa para penonton.

Alasan kedua adalah ekspetasi saya terhadap Sule dan Andre yang sudah terlampau tinggi. Sule dan Andre menurut saya sudah bermetamorfosa menjadi pelawak yang tak biasa-biasa saja. Beragam model acara telah diperankan keduanya dan menurut saya itu tetap terlihat apik .

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline