Lihat ke Halaman Asli

Arnold Adoe

TERVERIFIKASI

Tukang Kayu Setengah Hati

Berpotensi Gaduh Opini, Inilah 2 Arahan Istana soal Riset 32 Ribu Kasus Positif Covid-19 di DKI Jakarta

Diperbarui: 11 April 2020   10:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Illustrasi Covid-19 dari Allosehat.com

Setiap anak bangsa ingin berkontribusi di saat pandemi covid-19 ini melalui profesi mereka. Tenaga medis berjuang di rumah sakit untuk membantu para pasien covid-19, para guru berusaha menyiapkan media pembelajaran yang baik untuk anak-anak yang harus bersekolah dari rumah, dan tak mau kalah para peneliti atau periset.

Dari catatan media, sudah cukup banyah hasil riset dari para peneliti tentang Covid-19. Ada yang fokus soal waktu penyebaran, ada yang fokus pada tindakan pencegahan dan bagaimana penyebarannya.

Seperti yang dilakukan oleh beberapa Ilmuwan yang berasal dari ITB, Unpad, UGM, Essex and Khalifa University, University of Southern Denmark, Oxford University, ITS, Universitas Brawijaya, dan Universitas Nusa Cendana melakukan permodelan terkait wabah COVID-19 untuk memperkirakan jumlah kasus virus Corona.

Hasil penelitian ini memang "menghebohkan". Penelitian ini menggunakan data 31 Maret 2020. Saat itu, data pemerintah menyebut ada 747 kasus positif COVID-19 di Jakarta. Namun, menurut penelitian ini, data yang tercatat hanyalah 2,3 persen dari yang sebenarnya, yakni 32 ribu kasus positif COVID-19.

"Jakarta memiliki kepadatan kasus COVID-19 tertinggi di Indonesia, dengan 315 kasus untuk setiap 100 ribu populasi," demikian kesimpulan yang tertera dalam 'Modelling Update' SimcovID Team, draf diterima detikcom pada Kamis (9/4/2020) dari Nuning Nuraini, peneliti matematika epidemiologi ITB yang ikut serta dalam riset ini dilansir dari Detik.com.

Baca Juga: Inilah Skenario Terbaik Untuk Covid-19 di Indonesia

Terhadap hasil peneltian ini, karena dirasa menimbulkan multitafsir dan bahkan dinilai menimbulkan kegaduhan, maka Istana merasa penting untuk memberikan arahan pada para peneliti.

Kemarin Jumat (10/4/2020), atas hasil riset ini, Tenaga Ahli Utama Kepresidenan KSP Dany Amrul Ichdan  berespon dan memberikan arahan atau tanggapan. Paling tidak ada  2 (dua),  arahan dari Istana terhadap hasil riset tersebut;

Pertama, Istana meminta agar hasil riset ini didiskusikan bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Harapannya adalah tidak menimbulkan kegaduhan dan mispersepsi ketika opini publik mulai banyak. Istana merespons "Agar tidak gaduh opini publik, research yang bertujuan membangun kolaborasi data ini agar dapat dipaparkan detail di dalam Tim Gugus Tugas dan Kementrian Kesehatan," kata Dany Amrul Ichdan.

Kedua, Istana berjanji akan memfasilitasi para ilmuwan untuk menyampaikan hasil riset-risetnya kepada pemerintah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline