Lihat ke Halaman Asli

Arnold Adoe

TERVERIFIKASI

Tukang Kayu Setengah Hati

Memahami Pesan Lukas Enembe, Gubernur Papua, Pengagum Barack Obama

Diperbarui: 22 Agustus 2019   22:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.tribunnews.com


"Tidak ada yang terlahir membenci orang karena warna kulit atau latar belakang agamanya..."-  Barack Obama

Gubernur Papua, Lukas Enembe tampil gagah ketika hadir di acara MataNajwa kemarin. Enembe mengenakan kemeja putih menyala berlengan panjang yang nampak lebih gagah dengan gambar  burung Cendrawasih berwarna emas yang menghiasi di bagian dada kemeja.

Di acara tersebut juga Enembe dengan lugas menjawab berbagai pertanyaan dari Najwa. Bahkan Najwa nampak tersentak mendengarkan beberapa pernyataan dan respon Enembe.

Misalnya ketika bicara tentang pernyataan maaf Gubernur Jatim Khofifah, dan apa yang harus dilakukan pasca inside, Enembe menjelaskan bahwa   perbuatan  rasisme  dibenci oleh seluruh dunia.

Sayangnya meski masyarakat Indonesia selama 74 tahun merdeka namun sikap terhadap masyarakat Papua menurut Enembe belum juga berubah. 

"Jadi karena kerap kali terjadi, ini pemicunya membuat yang lain terungkap?" tanya Najwa Shihab.

"Ini pemicu utamanya yang terjadi di Papua. Jadi saya pikir sudah 74 tahun merdeka, NKRI kita jaga, Bhineka Tunggal Ika dijaga. Dari Sambang - Merauke juga harus dijaga," tambah Lukas Enembe.

Enembe bahkan menilai masyarakat Papua belum di-Indonesiakan secara baik. "74 tahun merdeka, orang Papua masih juga belum di-Indonesiakan secara baik," kata-kata Enembe.

Menuru Enembe, penyataan-pernyataan ini adalah sesuatu yang perlu diperjuangkan ketika sudah menyangkut harga diri dan martabat masyarakat Papua. Sesuatu yang menurut Enembe sudah terlalu sering terjadi dan dialami masyarakatnya sendiri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline