Lihat ke Halaman Asli

Arnold Adoe

TERVERIFIKASI

Tukang Kayu Setengah Hati

Di Balik Penolakan Lasmi Indriyani atas Panggilan PSSI

Diperbarui: 30 Desember 2018   10:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lasmi Indriyani Menolak dipanggil Komdis PSSI I Gambar : Tribunnews

Lasmi Indriyani dengan berani menolak hadir dalam sidang Komite Disiplin (Komdis) PSSI, Jumat (28/12/2018). Rencananya mantan manajer Persibara itu  dipanggil terkait pernyataannya di media online dan acara Mata Najwa berkaitan dengan match fixing atau pengaturan skor.

Apa alasan penolakan Lasmi untuk hadir? Dilansir dari berbagi media, Lasmi membeberkan beberapa alasan, dengan alasan utama adalah karena Lasmi berpendapat bahwa kasus yang melibatkan Persibara sudah ditangani oleh pihak Kepolisian.

Begini isi lengkap pernyaataan Lasmi. "Bahwa perkara dugaan permainan dalam pertandingan sepak bola (match mixing) telah ditangani oleh penegak hukum kepolisian (Satgas yang dibentuk Kapolri Tito Karnavian) sehingga kami menghormati dan mempercayakan sepenuhnya kepada pihak penegak hukum serta tidak ingin terjadi campur aduk tumpang tindih oleh berbagai lembaga dan kepentingan lain"

"Kami berharap PSSI menghormati dan mendukung langkah Kapolri demi kemajuan sepak bola Indonesia sehingga PSSI semestinya tidak melakukan tindakan-tindakan lain yang berpotensi intervensi dan mengganggu proses di Kepolisian,"

Alasan lain seperti surat yang tidak ditandatangani Ketum PSSI, Ratu Tisha yang juga menolak panggilan Bareskrim serta status dirinya yang bukan lagi adalah manajer Persibara aktif dirasa hanyalah beberapa alasan tambahan.

Mengapa demikian? Pihak Lasmi seperti telah menduga bahwa bola panas pernyataannya bahwa Johar Ling Eng (anggota Komisi Executive PSSI) yang telah meminta sejumlah uang kepada Persibara untuk pengaturan skor telah bergulir dengan begitu cepat. Johar telah ditangkap bersama anggota PSSI lainnya, Dwi Irianto, dan juga Priyanto dan Tika yang namanya juga disebut dengan begitu jelas oleh Lasmi.

Selain itu Lasmi sepertinya telah membaca bahwa penanganan kasus ini menjadi sedikit rumit bagi pelapor seperti dirinya karena ada dua lembaga yang bergerak seperti "sendiri-sendiri" dalam menangani kasus ini, yaitu PSSI dan Satgas Antimafia Pengaturan Skor yang digagas oleh Polri.

Apa pasal? Satgas Antimafia nampak mengejar dan menangkap terlebih dahulu orang internal PSSI sedangkan Komisi Disiplin (Komdis) PSSI terlihat sibuk mengejar para pelapor yang tampil di acara Mata Najwa.

Perhatikan saja, ketika Satgas menangkap Johar, maka Komdis memberi hukuman seumur hidup tidak boleh aktif di sepak bola bagi Bambang Suryo. Suryo sendiri adalah orang "luar" yang terlihat "menyerang" PSSI selama acara Mata Najwa berlangsung. Sayangnya, Suryo sepertinya tidak bersih-bersih amat. Suryo sendiri pernah dihukum serupa pada 2015.

Setelah Suryo, sasaran empuk berikutnya bagi PSSI tentu adalah Lasmi. Sebenarnya masih ada Manajer Madura FC, Januar Herwanto dan Pelatih PSN Ngada, Kletus Gabhe yang ikut memberi kesaksian. Januar melaporkan Hidayat, Exco PSSI yang akhirnya mengundurkan diri sedangkan Kletus Gabhe sendiri mengaku pernah ditawari pengaturan skor oleh Bambang Suryo.

Hanya perbedaannya Januar dan Kletus tidak mau terlibat pengaturan skor dari orang-orang yang menawarinya sedangkan Lasmi sendiri dalam acara Mata Najwa mengaku telah menggelontorkan uang hingga 1,3 M bagi para mafia-mafia ini. Inilah, yang mungkin akan dijadikan alasan Komdis untuk menghukum Lasmi. Lasmi boleh saja melaporkan Johar, tetapi secara langsung Lasmi juga terlibat dalam praktek ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline