Lihat ke Halaman Asli

Arnold Adoe

TERVERIFIKASI

Tukang Kayu Setengah Hati

Menyoal Kegusaran Jose Mourinho tentang Bek Tengah Manchester United

Diperbarui: 11 Agustus 2018   10:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jose Mourinho dan Eric Bailly I Gambar : Soccer Laduma

Bursa transfer pemain Premier League resmi ditutup kemarin malam waktu Indonesia. Klub-klub Premier League tidak dapat lagi membeli pemain baru dan bersiap memulai laga yang sudah dimulai akhir pekan ini.

Di tengah pergerakan transfer yang memang tidak terlalu ramai, pelatih Manchester United, Jose Mourinho menjadi pelatih yang paling terlihat gundah gulana seusai penutupan transfer.

Mourinho diliputi kegusaran karena hasratnya untuk menambah kekuatan di sektor bek tengah--sektor yang dirasa paling lemah MU tidak dapat tercapai. Hingga tenggat akhir transfer tidak ada nama bek tengah baru apalagi berstatus bintang yang masuk.

Padahal nama-nama seperti Toby Alderweireld (Hotspurs), Jose Gimenez (Atletico Madrid) dan bek tengah timnas Inggris Harry Maguire (Leicester) gencar diberitakan akan bergabung dengan skuad Red Devils.

Toby Alderweid gagal ke MU I Gambar : daily star

Mourinho merasa sektor bek tengah dirasa kurang dalam ditambah lagi dengan penampilan tidak konsisten dari duet yang selama ini diandalkan yaitu, Eric Bailly dan Victor Lindelof.

Sebenarnya ada Chris Smalling dan Marcos Rojo, namun sama saja karena Mou merasa kedua pemain itu tidak mampu menampilkan performa yang memuaskan dan terlalu sering mengalami cedera.

Di sisi lain, sektor ini menjadi sangat penting karena dalam gaya sepak bola pragmatis ala Mou, pertahanan menjadi salah satu prioritas utama.

Lalu bagaimana caranya agar pelatih berjuluk The Special One Mourinho dapat mengatasi persoalan tersebut dan dapat membawa MU berprestasi lebih baik dari musim lalu? Dilansir dari berbagai sumber, paling tidak ada 3 (tiga) hal yang dapat dilakukan oleh Mourinho.

Pertama, mencoba gelandang Nemanja Matic menjadi bek tengah. Meskipun dapat disebut sebagai rencana gila, namun memainkan gelandang sebagai bek tengah bukanlah hal baru di dunia sepak bola.

Sebut saja Josua Kimmich yang pernah dimainkan Bayern sebagai bek tengah setelah sebelumnya bermain sebagai gelandang bertahan. Bahkan yang terakhir, Kimmich sudah diplot dan sukses sebagai seorang bek kanan.

Javier Mascherano saat masih bermain di Mascherano juga melakukan hal serupa. Bermain di posisi asli sebagai gelandang bertahan, di akhir karirnya di Barca, Mascherano lebih banyak dipasang mendampingi Gerard Pique sebagai bek tengah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline