Lihat ke Halaman Asli

Arnold Adoe

TERVERIFIKASI

Tukang Kayu Setengah Hati

Alasan Sam Allardyce Meninggalkan Posisi Pelatih Inggris

Diperbarui: 28 September 2016   12:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sam Allardyce dipecat FA (Sbr gbr : tuko)

Pelatih Tim Nasional Inggris, Sam Allardyce hanya berumur 67 hari. Pelatih yang dijuluki Big Sam ini sayangnya bukan karena gagal mendulang prestasi dengan The Three Lions tetapi terlibat skandal yang tidak bisa diterima oleh induk organisasi tertinggi sepakbola Inggris, FA.

Skandal yang melibatkan mantan manajer Sunderland ini mengenai tindakan menawarkan bagaimana cara untuk melanggar aturan FA kepada Pihak Ketiga berkenaan dengan kepemilikan pemain. Hal ini terkuak ketika salah seorang Jurnalis yang menyamar sebagai seorang Pengusaha Timur Tengah menjebak Big Sam untuk menyetujui bisnis senilai keuntungan 400 ribu Pounds melalui sebuah wawancara yang direkam.

Tertangkap Tangan oleh Jurnalis The Telegraph

Wawancara ini merupakan skenario dari sebuah investigasi selama 10 bulan yang dilakukan oleh media Inggris The Telegraph untuk menggali bukti mengenai penyelidikan tehadap tindakan penyuapan dan Korupsi dalam sepak bola Inggris.

Dalam dua pertemuan tersebut yang berlangsung total selama empat jam, Allardyce mengatakan bahwa tidak masalah jika “menyalahi” aturan tersebut dan dia mengaku sudah melihat itu dilakukan sejak tahun 2008.

DI dalam wawancara yang cukup panjang itu, Allardyce juga menyindir bagaimana manajer terdahulu Roy Hodgson yang tidak pandai bicara di depan umum, lalu ada masalah psikologis yang dialami pemain Inggris yang harus diselesaikan serta mengatakan bahwa rehabilitasi stadion  Wembley adalah sebuah tindakan yang “bodoh”.

Dalam detail wawancara yang dilakukan di sebuah restoran di Manchester ini, pelatih yang berusia 61 tahun ini berulang kali mengatakan bahwa Pihak Ketiga masih dapat mengambil keuntungan besar dari pembelian pemain-pemain dari Amerika Selatan, Portugal, Spanyol, Belgia dan seluruh Afrika.

Pihak ketiga yang dimaksud adalah Pihak yang akan mendapat keuntungan ketika pemain-pemain ini dibeli ataupun ketika dijual selain Klub dan sang Pemain sendiri. Sesuatu yang sangat tidak dibolehkan oleh pihak FA dan FIFA di seluruh dunia karena dapat disalahgunakan oleh beberapa pihak. 

Sam Allardyce menjelaskan bahwa praktek semacam ini sudah dipraktekkan dalam transfer Enner Valencia dari sebuah klub Meksiko ke West Ham pada tahun 2014, dan sang “pengusaha fiktif” lalu bertanya, apakah akan ada masalah di kemudian hari?. “Tidak akan ada masalah” jawab Allardyce (The Telegraph).

Merasa bahwa ini merupakan bukti yang cukup kuat, The Telegraph lalu mengirim semua detail dari penyelidikannya itu kepada FA. FA lalu mengambil tindakan tegas dengan memberhentikan Big Sam tepat ketika karir kepelatihannya memasuki hari ke-67. Allardyce yang menerima gaji 3  juta pound per tahun ditambah dengan bonus sebagai pelatih TImnas Inggris ini dianggap telah melakukan tindakan tercela.

Tweet FA mengenai Allardyce dipecat secara resmi (SBr : The Sun)

Allardyce terlihat dingin walaupun kecewa ketika menerima surat pemecatannya. “Menyusul kejadian yang baru saja terjadi, FA dan saya sepakat untuk berpisah. Saya merasa terhormat ditunjuk sebagai manajer Timnas Inggris pada Juli 2016. Saya kecewa harus meninggalkannya,” ujar Allardyce seperti dikutip dari berbagai media.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline