Lihat ke Halaman Asli

Arnold Adoe

TERVERIFIKASI

Tukang Kayu Setengah Hati

Oknum anggota POM terobos Jalan Tol, Panglima TNI Angkat Bicara

Diperbarui: 17 Juni 2015   07:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

TNI siap terima Kritikan dari Masyarakat (sbrgbr:kompas)


Publik menjadi heboh ketika melihat melalui tayangan televisi ketika seorang oknum anggota Polisi Militer (POM) dengan menggunakan motor besar nekat menerobos jalan tol jalur Jakarta – Cikampek. Di Video tersebut oknum polisi tersebut dengan percaya diri berpindah-pindah (zig zag) dari bahu jalan, ke tengah malahan ke jalur sebelah kanan dengan kecepatan tinggi.

Oknum angora POM ini tidak terlihat dalam iringan pengawalan, padahal jelas dalam Kepres no. 16 tahun 1988, melarang kendaraan bermotor roda dua maupun roda tiga untuk masuk ke jalan bebas hambatan.

Tingkah laku oknum anggota ini sampai mengundang Panglima TNI Jenderal Moeldoko untuk angkat bicara. Di sela-sela meresmikan satuan Polisi Militer di Mabes Cilangkap, Panglima mengatakan akan menindak tegas oknum anggota tersebut.

Panglima TNI menegaskan bahwa peraturan adalah peraturan dan tak peduli warga biasa,pejabat ataupun aparat hukum.

Berkali- kali Jenderal Moeldoko menyebutkan kata disipin, beliau mengatakan disiplin yang tertinggi adalah nampak ketika di luar pengawasan dan seharusnya pengawasan yang paling baik adalah muncul dari dalam dalam dirinya (anggota TNI).”Dia harus memiliki kemandirian dalam menegakkan disiplin” kata Panglima Moeldoko.

Saya begitu antusias menuliskan inikarena beberapa hal, salah satunya melihat bagaimana beberapa kali saya melihat institusi seringkali melindungi anggotanya walaupun nyata-nyata telah berbuat salah. Cara melindungi pun bermacam-macam, jika tidak menghukum maka cara berkomunikasi seroang pemimpin pun sedikit permisif apalagi jika berkaitan dengan anggota TNI.

Tetapi saya melihat hal yang berbeda dengan cara komunikasi dari Panglima TNI Moeldoko, dengan tegas dan transparan panglima berjanji akan menindak oknum tersebut. Hebatnya lagi Panglima mengatakan bahwa TNI akan terbuka untuk menerima kritikan dan akan bereaksi dengan cepat jikalau itu berkaitan dengan disiplin.

Salut Panglima…




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline